Rabu, 13 Juli 2011

cerpen


GAG NYANGKA ??

                Tak henti – hentinya Kemal menatap Puput, wanita yang sudah 3 tahun di taksirnya. Kemal tidak pernah punya keberanian untuk mengungkapkan perasaannya yang sudah dipendamnya selama 3 tahun. Dia sangat takut kalau Puput menolaknya, padahal dalam diam Puput pun menyukai Kemal. Kemal adalah seorang lelaki yang sangat humoris, siapapun yang berada di dekatnya selalu di buatnya tertawa. Tuti adalah sahabat karibnya, mereka berteman sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Kemal selalu bercerita tentang Puput pada Tuti, Tuti pun tak pernah bosan mendengarkan cerita – cerita sahabatnya itu. Bahkan terkadang Tuti suka kesal pada Kemal karena tidak pernah mau mencoba mengungkapkan perasaannya itu. Pasalnya, dulu waktu duduk di kelas dua smp Kemal pernah suka sama Ayu teman sekelas Tuti. Tuti pun selalu menyampaikan salam – salam Kemal untuk Ayu, tapi sayang Ayu tidak memberi respon sama sekali. Sejak saat itu Kemal merasa putus asa untuk mendekati cewek. Tuti pun sama, ia sangat mengagumi Obi anak basket yang populer di smp mereka dan sekelas dengan Kemal. Tapi sepertinya mereka mempunyai nasib yang sama, cintanya sama – sama bertepuk sebelah tangan. Dengan adanya kejadian itu, Kemal dan Tuti semakin akrab dan menjadi sahabat yang paling usil sampai saat ini.
Tapi Tuti berbeda dengan Kemal, ia sempat pacaran dengan Aden brondong yang manja, Darwin yang bapaknya juragan tape dan Yoga ketua osis di sekolahnya sekarang. Jomlo, itu status Tuti sekarang Yoga selingkuh dan mutusin Tuti Cuma gara – gara malu punya pacar namanya Tuti. What ?? alasan yang sungguh tidak masuk akal, apa salahnya nama Tuti ?? tapi bukan Tuti namanya kalau patah semangat, ia selalu ceria dan tidak pernah peduli apa kata orang.
            Tut .. si Mput makin cakep aja nih ..
Tuti yang sedang ulangan kimia kaget merasakan getar di kantongnya, pesan singkat dari Kemal mampir di handponenya.
            Ah .. elu mah omdo .. tembak napa ! cemen bgt ah..
Balasan Tuti untuk sahabatnya yang benar – benar sedang dimabuk cinta.
            tar ditolak,
tidak sampai satu menit, sms balasan dari Kemal masuk ke Handpone Tuti
            ywdh, ntr aja qt omongin plg scul, w lg ulgn kimia dudul,
            tw ndiri gurunya kaya apa ..
Tuti pura – pura sibuk mengerjakan soal yang daritadi cuma bisa buat dia pusing sambil terus membalas sms Kemal
            Bab brp ? bab 5 ye ? w udh mggu kmrn, yaelah .. iya w tw tu guru kaya apa,
            Kaya bernard kan, udh gndut, bogel lg .. haha
Kemal masih terus membalas sms Tuti, sebenarnya Tuti tidak mau membalas lagi sms Kemal. Tapi setelah ia membacanya, sangat tak tahan untuk membalasnya. Lumayan dapat jawaban untuk soal – soal yang belum bisa dia jawab satupun di tambah lagi Kemal mulai mengajaknya ngeledek bu Woro, guru kimia mereka yang killer banget.
            Yg bner u ? w minta jwbn 1 - 5  Mal, nh soal ga ad yg bs w jwb
            Smlm kan qt bgadng smpe pg,mn smpt w bljr,
            Sstt .. bukn ky bernard tp ky teletubies ..
            Hahahh
Tapi belum sempat sms itu terkirim, bu Woro yang daritadi memperhatikannya sudah berada di hadapan Tuti.
(mampus gue) gumamnya dalam hati.
            Sepulang sekolah, seperti biasa Kemal menunggu Tuti di parkiran. Kemal dan Tuti sama – sama orang tajir, tapi mereka tidak pernah sombong dan juga gengsi. Mereka hidup biasa saja, karena mereka sadar semua adalah jerih payah orang tuanya bukan mereka. Kemal pun bawa mobil baru – baru ini, karena motor bututnya yang sejak smp menemaninya harus ia relakan masuk bengkel gara – gara nyebur ke kali abis ngerjain nenek – nenek yang mau nyebrang di jalan.
Satu jam berlalu, Tuti baru saja keluar.
“lama amat lu  ?” kesal Kemal
“gara – gara lu tuh, gue di omelin abis – abisan sm si bernard” kata Tuti sambil masuk ke dalam mobil.
“gara – gara gue ??” kaget Kemal sambil menstater mobilnya
“ho’oh .. gue ketauan smsan pas ulangan tadi, malahan kita ngatain dia juga, mampus aja gue” cerita Tuti sambil meneguk Fanta yang ada di genggaman tangannya
“lu oon, sampe ketauan” ledek Kemal
“sial emang tuh guru, gue di suruh beli cokelat 5 biji, terus apel 1 kilo, belum lagi, minggu depan gue ikut ulangan susulan, sial banget sih gue hari ini” ucap Tuti mengeluh
“gue yang beli deh cokelat sama apelnya” tawar Kemal
“yaiyalah, tanggung jawab lu, heee” senang Tuti
Mereka tidak pernah pulang tepat waktu, bahkan terkadang sampai larut malam baru pulang. Orang tua mereka pun tak pernah khawatir, selama Tuti bersama Kemal, dan Kemal bersama Tuti, karena mereka percaya anak – anak nya tidak akan mengecewakan mereka atau sampai melampaui batas. Dulu emang pernah di panggil ke sekolah, gara – gara Tuti dan Kemal menjadi dalang tawuran di sekolahnya, tapi mereka berjanji kalau itu menjadi panggilan pertama dan terakhir. Mereka punya hobi yang sama, tepatnya sifat yang sama. Senang ngerjain orang, karena menurut mereka kalau ngerjain orang itu bisa buat mereka tertawa dan senang juga awet muda, walaupun tak jarang juga mereka suka kena batunya.
Jam sudah menunjukan pukul sembilan malam, tapi Kemal dan Tuti masih asik nongkrong di atap bangunan kosong yang sudah tua dan menjadi bascame mereka berdua.
“Tut .. kira – kira lu inget gak, kapan terakhir lu nangis ?” pertanyaan aneh keluar dari mulut Kemal
“Nangis ? kapan yah ? waktu putus sama Darwin, Aden gue gak nangis, di selingkuhin Yoga juga gue gak nangis, hmm .. waktu di tolak Obit pas kita smp gue juga gak nangis .. di strap pak Daud, gue malah senang gak ikut pelajaran dia, di omelin bu Woro masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Kapan yah gue nangis ? oh iyah .. pas lebaran dudul. Waktu kita kelas tiga SD, kita nangis berdua kali Mal” ingat Tuti
“hahaa .. apaan ? itu juga nangis ikut – ikutan doang kan, gue inget pas lebaran waktu itu semua orang pada nangis sambil salam – salaman, terus lu nanya ke gue kenapa gak nangis, gue juga nanya yang sama ke lu. Terus lu nanya deh sama nyokap lu, masih inget banget gue lu bilang gini, Kemal kata mama gue, semuanya nangis inget dosa – dosa terus biar dapat pahala. Yaudah kita nangis aja yuk biar masuk surga .. haha .. Tuti .. Tuti .. lucu banget sih lu” ingat Kemal sambil tertawa lepas
“itu kan dulu on .. lu juga ikut – ikut gue kan ? eh tapi lu nangis tuh pas si badui, motor butut lu ancur” tambah Tuti
“o .. iya, kualat kita ye .. ngerjain nenek – nenek mau nyebrang, eh kita nyebur ke kali, bandel juga ya kita .. astaghfirullah ..” ucap Kemal
“Astghfirullah .. ya Allah ...” tambah Tuti
Sepertinya, otak mereka sedang benar sampai mengingat kembali kesalahan – kesalahan di masa lalu.
“Mal, puput gimana puput ??” kata Tuti mengalihkan pembicaraan
“gak tau gue Tut” jawabnya singkat
“ya elah .. kata gue sih dia juga naksir sama lu, dia kan gak punya cowok” tebak Tuti
“emang sih .. tapi dia pendiem Tut, pinter banget lagi, tajir juga, modis .. jauh deh sama gue” pesimisnya
“laah .. lu juga pinter, tajir juga emang sih gak modis tapi lu juga gak norak – norak amat ah, kalau gue comblangin mau gak ?” tawar Tuti
“tar kaya waktu sama Ayu lagi” takutnya
“beda orang ya beda lah, udah lu tenang aja” yakin Tuti
“btw, temen deketnya puput siapa ?” tambahnya
“gak tau gue Tut, setau gue sih dia selalu sendiri, paling ngobrol sama Iren temen sebangkunya, pulang sekolah juga sendiri, kan dia bawa mobil sendiri” jelas Kemal
“hmm .. okeh .. okeh .. cukup” kata Tuti sambil memutar otaknya untuk mencari akal
Tepat jam satu malam, mereka tiba di rumah. Tuti terus saja memikirkan cara, gimana supaya bisa menyatukan Kemal dan Puput. Dan tiba – tiba ... aha .. dia tersenyum dan terlelap tidur.
            Esok harinya, Tuti bilang sama Kemal kalau hari ini ada urusan penting, jadi Kemal tidak perlu menunggunya. Kemal pun menurutinya tanpa curiga apa yang akan di lakukan sahabatnya itu.
Di pertengahan jalan yang biasa di lewati Puput, Tuti sudah bersiap – siap menjalankan rencananya. Dan seketika mobil honda jazz berwarna hijau berhenti di pinggir jalan.
“ya ampun .. lu Tuti kan anak IPA 2 ?” kaget Puput melihat Tuti sedang merintih kesakitan
“iya gue Tuti, aduh tolongin dong kaki gue sakit banget. Gue gak bawa hp, jadi gak bisa hubungin siapa – siapa” ngarang Tuti
“udah – udah, ceritanya di mobil aja. Ayo gue bantu” kata Puput sambil menopang tubuh Tuti yang tak berdaya
Berjalan lancar rencananya, tinggal lanjutkan saja pikir Tuti.
“rumah lu dimana ? biar gue antar” panik Puput sambil terus menyetir
“masih jauh, aduh gue udah gak tahan nih” kata Tuti sambil pura – pura kesakitan
“yaudah – yaudah, ke rumah gue aja dulu ya” ajak Puput
(asik .. berjalan mulus .. hahah) ucap Tuti dalam hati
Mereka sampai di rumah yang begitu mewah, ada kolam renangnya, berlantai dua bak istana di negeri dongeng. Ternyata Puput sangat kaya, rumah Tuti dan Kemal juga ada kolam renangnya tapi tak seluas ini.
Puput membawa Tuti masuk ke kamarnya di bantu oleh dua orang pembantunya
“aduh .. lu tunggu sini sebentar yah, gue telpon dokter dulu. Lukanya parah, gue takut infeksi” panik Puput sambil menghubungi dokter dengan handponenya.
“yah .. habis lagi batrenya, Tuti gue telpon dulu yah” katanya lalu keluar kamar untuk menghubungi dokter
Dengan sigap bagai seorang pencuri handal, Tuti langsung melirik sana sini mencari sesuatu. Tepat .. dapat ia raih sebuah buku diary yang terletak di meja belajar di kamar itu. Dan menulis sesuatu di kertas lalu meletakkannya di kasur yang begitu nyaman, dan dalam hitungan menit Tuti pergi meninggalkan kamar itu.
Puput sangat kaget mendapati Tuti tidak berada di kamarnya, ia lihat selembar kertas dan membacanya.
Sori put, gue takut sama dokter. Soalnya dulu gue pernah di suntik gitu, jadi gue parno gitu sama yang namanya dokter. Jadi gue langsung kabur aja, btw makasih yah dah nolongin gue.
Tuti
Puput menghela napas merasa sedikit kesal, tapi mau bagaimana lagi Tuti sudah lenyap dari kamarnya. Tanpa sedikit pun curiga, ia langsung mengganti pakaian dan beristirahat.
            Malamnya, Tuti dengan hati senang main ke rumah Kemal dan seperti biasa ia langsung masuk ke kamar Kemal.
“Mal, liat nih apa yang gue bawa” kata Tuti sambil menunjukan buku diary Puput
“apaan tuh ? diary ya ? diary siapa ?” penasaran Kemal
“kita baca aja deh yuk!” ajak Tuti dan langsung berbaring di kasur empuk Kemal sambil mulai membuka buku diary Puput

Rabu, 1 April 2009
            Hahaha .. sekarang april mop, puas banget ngerjain semua orang. Pagi - pagi aku makan pisang, kulitnya aku buang di jalan .. eh di injak tukang es keliling, jatuh deh .. hehehee .. belum lagi, ngumpetin kunci mobil papah sampe akhirnya mang Asep yang di marah – marahin. Hoooo ... seneng ... seneng ....

Betapa kagetnya Kemal dan Tuti membaca halaman pertama diary Puput. Ternyata Puput tidak beda jauh dengan mereka, usil alias suka ngerjain orang lain. Dengan penasaran, mereka pun membuka halaman berikutnya.

Kamis, 2 April 2009
            Kemal lucu banget, aku mau deh deket sama dia. Kayanya hidupnya bahagia banget, apalagi kalau udah sama Tuti semua jadi serba lucu. Gak perlu pura – pura jadi orang lain.

Jumat, 3 April 2009
            Kesel banget ih sama bibi, aku kan minta semur jengkol tapi malah di buatin semur ayam. Aku gak suka, yaudah pulang sekolah aku mampir aja ke warteg makan semur jengkol deh yang puas. Hahahhhh ..

Sabtu, 4 April 2009
            Malam minggu, sepi banget sih sendirian. Andai aja aku punya kantong doraemon, aku keluarin pintu kemana saja aku mau ke bulan mau liat nenek – nenek lagi jahit. Hahahhhh ...

Minggu, 5 April 2009
            Lucu banget hari ini, aku lari pagi di sekitar komplek. Pas mau pulang ada yang kecelakaan gituh, aku ikut liat. Terus .. aku kentut, hahhhhaa .. semuanya pada tutup hidung, takut ketahuan aku ikut tutup hidung juga sambil pura – pura kebauan. Hahahhhh ...

Senin, 6 April 2009

            Upacara, benci deh. Aku sengaja berangkat siang – siang, biar telat. Males ikut upacara, mending di strap di lapangan basket. Pas kebetulan, guru piketnya guru baru. Pas laporan nama, aku bilang aja namaku Diana anak IPA 3. Hahhhaaa .. mana ada yang namanya Diana ..

Selasa, 7 April 2009

            Pengen semur jengkol ......

Rabu, 8 April 2009

            Gak bisa istirahat, gara – gara makan mangga 1 kilo. Jadi mules – mules nih perut. Mangga .. kenapa kamu enak sekali, membuatku tak tahan memakanmu ...

“hahaha ... illfeel lu?” tanya Tuti usai mebaca diary Puput
“gak lah, kaget tapi” jawab Kemal yakin
Mereka berdua benar – benar tidak percaya, kalau wanita yang anggun, pendiam, dan kaya seperti Puput, memiliki kepribadian seperti itu. Kemal mulai memutar otak, apa yang akan di lakukannya besok di sekolah.
            Tuti terus menahan tawa untuk menjaga perasaan Kemal. Di sepanjang jalan menuju sekolah, Kemal hanya diam dan fokus menyetir, mungkin ia sedang berfikir apa yang harus di lakukan untuk mendapatkan Puput atau malah berencana membuang jauh – jauh perasaan yang telah lama ia pendam setelah tau Puput itu seperti apa.
Di kelas, dari sudut kelas Kemal terus memandangi Puput. Ia seolah tidak percaya, wanita seperti Puput menyukai semur jengkol dan suka kentut sembarangan. Tapi seketika ia tersenyum dan berjalan mendekati Puput.
“ehem ..” sapa Kemal berdiri di hadapan Puput
Semua rasa geroginya seakan hilang, hampir tiga tahun ia menahan perasaan ini dan baru detik ini ia berani menyapa Puput. Oh .. betapa kagetnya Puput.
“kenapa ?” tanya Puput singkat sambil memberikan senyuman kecil di bibirnya
Betapa manisnya, membuat Kemal semakin mengaguminya.
“hmm .. ada yang mau gue omongin, bisa gak ikut gue sebentar mumpung masih jam kosong” ajaknya sedikit tegang
“mau ngomong dimana ?” tanya Puput
“ayo ikut aja sebentar” katanya dan spontan menarik tangan Puput
Rasanya Kemal benar – benar sudah tidak tahan dengan perasaannya yang campur aduk, ia membawa Puput ke kantin sekolah. Betapa terkejutnya Puput saat melihat semangkuk semur jengkol dan segelas jus mangga ada di hadapannya.
“maksud lu apaan ?” kaget Puput
“gue tau lu suka kan sama makanan dan minuman ini ?” ucap Kemal
“darimana lu tau ?” penasaran Puput
“ada ajah .. sebenanya, gue udah lama naksir lu. Dari kita kelas satu, tapi gue takut di tolak makanya gue simpen nih perasaan dalem – dalem.” Ucap Kemal
Bagai telur yang menetas, semua keluar begitu saja dari mulut Kemal. Kemal tak lagi peduli apa jawaban Puput, yang penting ia merasa sangat lega karena bisa mengungkapkan perasaan yang telah menjadi bisul di dirinya. Dengan spontan, Puput memeluk Kemal. Kemal diam terkaku, bagai mayat hidup.
“gue juga naksir kok sama lu, tapi gue jaim aja. Tapi dari mana lu tau gue suka semur jengkol, terus lu nggak illfeel apah ?” katanya sambil melepaskan pelukannya
“gak lah saaayang .. dari kantong ajaib doraemon ... hahahhh” ucap Kemal
“kapan – kapan, gue akan ngajak lu ke bulan, kita minta di bikinin baju pernikahan sama nenek – nenek yang ada di bulan ya beb ..” tambah Kemal
Tidak salah lagi kalau Kemal tau semua itu dari diary miliknya, pikir Puput. Tapi, Puput tidak sedikit pun marah pada Kemal ataupun Tuti. Ia malah merasa bersyukur, karena berkat ide Tutilah akhirnya ia bisa mendapatkan cinta sejatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar