Rabu, 13 Juli 2011

cerpen


dia kembali tapi dia pergi ??


Bianka …
Cukup panggil aku Bianka ..
Seperti biasa, setiap bangun pagi hanya ku lihat segelas susu dan sepotong roti yang udah di siapin oleh kakak tercinta ku. Kadang aku sering merasa kesepian, tapi mau bagaimana lagi karena ini emang kehidupan yang harus aku jalani. Semenjak kecelakaan dua tahun lalu, kakakku lah satu – satunya orang yang ku punya di dunia ini. Entah apa jadinya aku tanpa dia, lagi pula gak penting juga terus menyesali apa yang sudah terjadi .
Pagi ini, terasa sangat menyesakkan buat ku karena aku lupa ngerjain PR kimia yang super duper aku benci, udah aku benci pelajarannya, gurunya juga ngeBTin abis . Tapi .. pas aku liat buku itu, semuanya udah di isi dengan lengkap. (Hmmm .. kak Ega pasti) tebakku dalam hati .
Tuhan .. rasanya aku gak perlu apa – apa lagi di dunia ini, cukuplah dia buat aku. Ka Ega yang usianya 3 tahun di atasku, walaupun dia masih muda dia udah bisa jadi kakak, ibu, juga ayah buat seorang Bian, yang manja, egois dan super jutek.
“Dah ngerjain PR Bi ?” Tanya vanya mengagetkan lamunanku.
“ngagetin ajah, udah dong .. Bian .. “ Banggaku
“hmm .. paling abang lo yang ngerjain ?? ngaku lo !! “ tebak vanya , aku hanya tersenyum mendengarnya.

Gak sabar nunggu ka Ega pulang, sampe ketiduran di depan tv .
“Bi bangun .. eh ngapain tidur di sini .. ?” sapa ka ega membangunkanku .
Ya ampun .. jam setengah satu malam, jam segini kak Ega baru pulang, pasti lelah banget deh .
Tapi aku bangga sama dia, sangat – sangat bangga, dari senin sampai jumat dia kerja. Sabtu minggu dia kuliah, dia gak pernah memikirkan dirinya,wajahnya begitu tampan walaupun terlihat sangat lelah.
“idih .. nih anak di Tanya qo malah bengong, Bian .. sayang .. “ ucapnya sambil melambai-lambaikan tangannya ke hadapanku .
“kakak … “ kataku singkat dan langsung memeluknya.Entah apa yang ku rasakan, begitu hangat berada di dekapannya, Cuma dia yang aku punya, Cuma dia yang jadi kekuatan buat aku . Cuma dia satu-satunya.
“ ih .. kenapa sih ?? ada masalah ? pasti putus lagi deh ? atau di bohongin lagi yah ? apa jangan – jangan di selingkuhin yah ?? “ tebaknya sambil terus berfikir kebingungan.
 “apaan sih lo ?? sekarang kan gw jomlo. Jadi semua tebakkan lo itu salah “ jelasku tegas .
“terus kenapa dong ?” tanyanya sambil memandangku.
“kangen .. sama kakak ku yang ganteng ini .. “ ledekku sambil memeluknya manja.
“hmm .. pasti ada maunya nih ?” curiganya
“ih.. apaan sih ?? ka makasih yah atas semua hal yang udah lo kasih buat gw, makasih atas semua perhatian lo, makasih karna lo selalu ada buat gw, makasih karna lo udah bisa jadi mamah, juga jadi papah buat gw, makasih karna lo selalu nyiapin sarapan buat gw tiap pagi, makasih karna lo selalu ngerjain PR-PR gw kalau gw lupa atau sengaja males ngerjain, makasih karena lo selalu bikin alesan kalau gw lagi males sekolah, makasih karena lo selalu ada buat gw, makasih .. makasih banget “ ucapku panjang lebar .
“Emang yah ?? baru sadar gw .. “ candanya
“Bianka putri suganda .. ade gw Cuma lo, yang gw punya juga Cuma lo, jadi gak ad lagi yang berarti buat gw kecuali lo. Paham .. jelek .. ??”
“udah tidur sana, besok lari pagi bareng “ tambahnya.

Ka ega .. begitu penuh dengan kehangatan, nikmat terindah dalam hidupku adalah menjadi adik seorang ega, bukan jadi cewenya Yandra yang kapten basket populer tapi playboy abis,  bukan jadi cewenya gugun yang ortunya polisi tapi tukang boong, atau bukan jadi cewenya bastian yang mukanya carmink bener tapi sering tebar pesona. Dan yang pasti bukan jadi cewenya Arga yang gak tau sekarang kemana. jadi inget, aku pernah Tanya sama ka ega kenapa dia gak mau pacaran lagi, terlalu lama dia jomlo, terakhir itu  aku kelas 3 SMP dan sekarang udah 2 SMA. Padahal gak susah buat dia dapetin cewe yang dia mau, iyalah .. ka ega .. Ganteng, pinter, setia, udah punya penghasilan sendiri, apa coba yang kurang .. tapi dia selalu bilang, kalau gw pacaran, nanti siapa yang nemenin ade gw kalau dia lagi bete ? kalau gw punya pacar, pasti gw gak ada waktu buat lo . Alesan yang sungguh di luar dugaan. Tapi apapun alesannya, dia emang kakak yang sempurna buat aku .

Lari pagi bareng kakak ku yang ganteng, hmm .. semua mata cewe seolah – olah ngelirik ke arah aku.
“ka, sadar gak sih dari tadi banyak yang perhatiin lo ?”
“apah ? masa sih .. ada – ada aja lo !”
“serius tau .. “
“hmm..ya udah bagus dong, itu tandanya kita berdua keren, makanya di perhatiin” ucapnya sambil terus berlari.
“dasar aneh ..” bingungku
Tapi bener juga sih, peduli amat, mereka kan punya mata, jadi hak mereka untuk lirik sana sini.

Seharian penuh sama ka Ega, sampai malam mau tidur pun aku minta di temenin sama dia.
“Bi .. gw mau Tanya” ucapnya serius
“mau Tanya apah ka ?” tanyaku penasaran
“Dari semua cowo-cowo lo, siapa yang paling lo sayang ? yang paling bisa ngertiin lo ? yang bisa buat lo nyaman, dan bisa ngebuat lo ngerasa ke ilangan ?”
Gubrak .. pertanyaan aneh yang keluar dari bibir seorang Ega. ( Ampun deh nih pertanyaan, gw mau jawab apah yah ) gumamku dalam hati.
“jawablah Bi .. “
“Iyah .. iyah .. siapa yah ??? tapi gw rasa lo tau ka, siapa orangnya, yang bener-bener bikin gw anjlok di tinggal dy, yang bikin gw ga nafsu makan, yang bikin gw ga bisa ngapa-ngapain deh pokonya.”
“Arga?” tebaknya
“tuh tau, males gw ngomongin dy, ngilang gitu ajah, gak ngasih kabar apapun. Hp gak aktiv, pindah gak bilang-bilang, dan yang paling nyesek, belum ada kata putus antara kita, dan begonya gw sayang banget sama dia. Tapi ya udahlah, gw juga dah gak mau tau lagi tentang dia.”
Iyah .. Arga, cowo yang bener-bener aku sayang, selalu ada buat aku, bisa ngertiin aku, sabar ngadepin aku. Tapi udah satu tahun ini dia pergi tanpa kabar, gak tau kemana, gimana kabarnya.
“kenapa sih lo Tanya-tanya gitu ?”
“Gw Cuma butuh orang yang bisa gantiin gw, kalau saatnya nanti gw pergi ninggalin lo”
Jawaban yang aneh, tapi spontan keluar dari mulut ka ega. Tatapannya begitu penuh keyakinan, membuatku semakin ngerasa aneh.
“ngomong apa sih lo ? lo mau ninggalin gw kemana emang ? kalau lo pergi, nanti siapa yang nyiapin sarapan gw tiap pagi ? siapa yang ngerjain PR-PR gw ? siapa yang nemenin gw kalau gw lagi bete ? lo kan dah janji ka sama gw kalau lo gak bakal ninggalin gw, tega banget lo kalau sampe ninggalin gw, sama siapa gw kalau lo pergi niggalin gw ? awas ajah lo, berani ninggalin gw.”
Pembahasan apaan sih ini, kenapa coba ka Ega nanya-nanya kaya gini, apa coba maksudnya.

Seminggu berlalu setelah pembahasan aneh yang ngbuat aku BT, tapi gak ada yang aneh dan berubah qo dari ka Ega, syukurlah.
Pulang sekolah, gak tau kenapa ngerasa lelah banget, biasanya kalau pulang sekolah aku hang out dulu berdua Vanya, tapi kali ini males.
Masuk kamar, tanpa melepas seragam sekolah dan langsung menjatuhkan tubuhku ke kasur yang begitu lembut, Arga .. tiba-tiba terlintas bayangannya dalam benakku. Empat tahun bukan waktu yang singkat, saat aku mengenal cinta, dialah orang pertama yang mengajari aku tentang semua hal. Tapi ga tau kenapa, dia pergi ninggalin aku . Akupun pindah dari Bandung ke Jakarta, karena kakak ku dapat tugasnya di Jakarta. Ya sudahalah, aku juga gak mau inget dia lagi, dan semoga ini yang terbaik untuk kita berdua.
(Ampun …… udah jam tujuh, mampus ajah gw) teriakku sambil bergegas mandi dan siap – siap ke sekolah, hampir telat. Syukurlah ka Ega masih ada.
“ka, gw ikut lo yah” pintaku
“emang mobil lo kenapa ?” tanyanya sambil memandangku aneh
“gw kesiangan, lama naek mobil, gw ikut motor lo yah!!”
“biasa banget, ya udah sarapan dulu sana”
“eh .. ga ada waktu, udah ayo ka”kataku sambil menariknya berlari
“hmm .. sabar kenapa, biasanya bolos, tumben semangat banget”herannya
“ga usah banyak Tanya, cabut ..”
Dengan cepat ka Ega, mengendarai ninja hijau yang selama ini menemaninya. Cuma butuh waktu 20 menit, sampai di sekolah.
“thank’s yah ka”ucapku sambil berlari masuk kelas.
Ka Ega pun berlalu pergi.
Capcus deh, tetep aja aku telat,
“Bian, baru datang kamu ? jam berapa sekarang ? berdiri di lapangan !” gertak bu Aira.
Males ribut sama dia, dengan santai aku berjalan menuju lapangan dan berdiri tegap sambil hormat di bawah tiang bendera.( Mimpi apa gw bisa kejadian kayak gini ) gerutuku dalam hati.
Kriing .. kriing .. ka Ega telepon,
“bete banget gw ka, tau ga lo ? sia – sia aja usaha gw, sekarang tuh gw di strap, nyebelin banget kan ?” keselku tanpa membiarkan ka Ega memotongnya.
“marah – marah mulu, ya udah tunggu di sana”
“apah???”
Tut .. tut .. terputus teleponnya.
Selang beberapa menit, ka Ega sms ‘gw dah di depan sekolah lo nih, aman qo ga ada satpam, gw tunggu!’
Tanpa pikir panjang, langsung aku keluar dan menemuinya.
“lo emang abang yang paling top, tau aja saat gw bete”
“Ega …” bangganya
Seharin penuh kita jalan – jalan, ka Ega bilang kalau dia lagi gak sibuk, makanya bisa nemenin aku. Seneng banget seharian sama dia, jarang banget dapat moment seperti ini, nonton bareng, makan bareng, karaokean. Pokonya, puas banget deh. Tetep aja, banyak mata cewe yang lirik abang ku yang ganteng ini.

“makasih banget yah ka buat hari ini”ucapku
“iyah .. adekku sayang. Sekarang tidur sana”katanya sambil menyium keningku
Tuhan .. terimakasih karena Kau memberikan dia untukku.
Pagi-pagi sekali aku udah bangun, berharap ka Ega masih tidur, aku mau berubah jadi adik yang baik. Aku siapkan sarapan walaupun belum terbiasa, aku buatkan ka Ega nasi goreng dengan telor mata sapi dan segelas susu hangat. Tapi qo ka Ega belum keliatan yah, apa dia udah bangun. Tapi gak mungkin sepagi ini, aku coba lihat ke kamarnya, ternyata udah rapih dan kosong. (telat dong gw) kecewaku dalam hati.
Tumben banget, ka ega berangkat pagi – pagi buta tanpa menyiapkan sarapan untukku. Kalau tanpa pamit sih udah biasa, tapi kalau tanpa membuatkanku sarapan kayanya ga mungkin deh.
Tapi ya udahlah, aku coba telepon tapi handponenya gak aktif.
Perasaanku qo gak tenang yah, di sekolah pikiranku terus aja ka Ega.
Sepulang sekolah aku pikir ka ega udah pulang, tapi belum. Sampai larut malam ka Ega belum pulang, perasaanku semakin khawatir tapi tetap coba tenang.
Pagi udah menyapa lagi, ku dengar suara bel berbunyi.
Bergegas ke depan berharap ka ega yang datang, tapi ternyata …
“Arga ….. ???”
Arga datang ??? mimpi apa aku. Kenapa semua jadi tiba – tiba kayak gini, aku coba tersadar memukul pipi kanan dan kiriku, tapi sakit dan ini nyata. Arga, ada di hadapan aku.
“Arga … ???”
Hanya kata itu yang terus keluar, sangat tidak percaya.
“Bi .. ini gw” sapanya
Aku masih saja setengah sadar, ngerasa mimpi. Tapi Arga bener – bener ada,
“kemana ajah lo selama ini, ninggalin gw tanpa kabar. Tiba – tiba sekarang datang dan berdiri di hadapan gw, kemana lo selama ini ? masih inget sama gw ?”marahku
“bi .. dengerin penjelasan gw” pintanya
“apah? mau alesan apah? Teknologi udah canggih Ar .. lo bisa hubungin gw dengan gampang. Lo gak tau kan, apa yang terjadi setelah lo pergi? Ga tau kan gimana gw kehilangan lo?ga tau kan lo gimana rasanya?”
Aku gak bisa kendaliin emosi lagi, rasa sayang yang tetep ada untuk dia membuatku lemah.
Dia tetep gak berubah, tatapannya, suaranya , ya ampun .. kangen banget aku sama dia.
Aku terus menatapnya, sambil mendengarkan semua penjelasannya dengan serius.
Dia bilang, orang tuanya di pindah tugaskan ke Australia dan itu mendadak banget, dia coba hubungin aku, tapi handponeku gak aktif, ke rumah juga gak ada siapa – siapa. Dengan berat hati dia putuskan untuk pergi tanpa mengasih kabar padaku, selama ini pun dia terus hubungin aku, tapi ga ada kabar, dia ke rumahku di Bandung tapi udah ada penghuni baru, ke kantor ka Ega gak dapat hasil apapun. Oh iya aku baru inget, tepat saat Arga pergi handpone ku hilang jadi aku percaya kalau dia terus usaha hubungin aku. Mungkin sayangku terlalu besar untuknya, semua alesannya pun bisa ku terima. Ku sandarkan tubuhku di dekapannya, sambil berbisik “jangan pernah tinggalin gw lagi yah Ar”
Aneh .. bener – bener membuatku bingung, tapi ini adalah kenyataan yang benar adanya. Saat ku Tanya, darimana tau aku di Jakarta. Dia sendiri gak ngerti apapun, dia dapat surat yang gak tau pengirimnya siapa dan isinya hanya namaku dan alamat rumahku. Apa mungkin ka Ega ? kalau emang dia, kemana dia sekarang ? apa yang sebenarnya terjadi ? ada apa dengan ka Ega ? Hatiku terasa begitu gelisah, mengingat pembicaraanku dengan ka Ega tempo hari. Ada apa ? ada apa ? hanya itu yang ada dalam hatiku.

Ku ceritakan semua yang terjadi, perginya ka Ega tanpa kabar. Dan Arga berjanji akan terus menemaniku mencari ka Ega, Arga juga sudah memutuskan untuk tinggal di Jakarta dan melanjutkan kuliah di sini. Iyah, Arga adalah teman ka Ega, dia pun 3 tahun di atasku. Kenapa saat Arga kembali ka Ega harus pergi ? Aku gak mau kehilangan orang yang ku sayang untuk kesekian kalinya, setelah orang tuaku, Arga, dan apa harus ka Ega juga pergi ninggalin aku. Apa jadinya aku tanpa seorang Ega ? dia adalah kekuatanku, hanya dia yang membuatku bertahan sampai saat ini menghadapi semua hal yang gak mudah tuk di hadapi seseorang seperti aku. Aku janji, kalau dia kembali, aku gak akan manja lagi, aku akan rajin ke sekolah, rajin ngerjain PR, terus juga gak akan pernah telat bangun lagi, dan satu lagi aku janji tiap pagi aku akan nyiapin sarapan untuk kita berdua, tapi aku mohon agar ka Ega kembali. Aku terus mengingat, apa mungkin aku ada salah yang membuatnya pergi, tapi aku tau seperti apa kakak ku itu, sekali pun dia gak pernah sama sekali marah padaku dan akupun tau seperti apa rasa sayang dia terhadapku. Lalu apa yang membuatnya pergi, dan kenapa dia harus pergi. Arga pun gak pernah berhenti mencari tau keberadaan ka Ega, ke kantornya dan ke semua teman – temannya waktu di Bandung, tapi hasilnya nihil. Tidak ada satu orangpun yang tau keberadaan ka Ega, bahkan teman kantornya pun bertanya padaku kenapa ka Ega gak datang ke kantor.
Aku ingat satu tempat yang biasa kita datangi saat suntuk, bukit kunang – kunang. Tapi ternyata hasilnya nol, ka Ega gak ada di sana, tapi aku gak akan pernah lelah dan berhenti untuk mecarinya.
Tuhan .. hanya Kau yang tau dimana kakaku dan apa yang terjadi. Seminggu  berlalu, semua masih sama gak ada kabar apapun,
Aku melakukan kegiatan seperti biasa, walaupun pikiranku tetep aja ke ka Ega, tapi aku harus tetep sekolah dan gak mau mengecewakan ka Ega.
Hari ini udah hari ke sepuluh ka Ega ninggalin aku, kemana sih dia …

Sekitar jam 5 sore ada seseorang yang datang ke rumah.
Dokter ??? siapa yang sakit ? siapa yang memanggilnya ? di rumah ini kan hanya ada aku, apa mungkin Arga ? tapi dia baik – baik aja, tadi menjemputku di sekolah. Lalu siapa yang sakit ? dan ada apa dokter ke rumahku ?
“selamat sore, bisa saya bertemu dengan ade Bianka ?” sapanya ramah
“sore dok, iyah saya Bian. Ada apa yah ?” semakin bingung
Darimana dia tau namaku, ada apalagi ini. Apa mungkin ada hubungannya dengan ka Ega. Kalau memang iya, kemana ka Ega nya.
“saya ingin menyerahkan ini” ucapnya sambil menyerahkan sebuah kotak yang begitu rapih di bungkus kertas ungu.
Ungu .. warna kesukaanku dan hanya ka Ega yang tau.
Tanpa banyak bertanya lagi, dan tanpa menghiraukan keberadaan dokter di hadapanku, aku langsung membukanya karena hatiku yakin kalau ini ada hubungannya dengan ka Ega. Perlahan ku buka, buku harian dan sebuah amplop yang berisi surat. Aku mulai membacanya,

Dear Bian .. adenya Ega ..

Arga udah datang kan ? dan gw yakin dia ga akan pergi lagi, percaya deh sama gw !
Gw minta maaf yah, pergi ninggalin lo, gw gak ada maksud apa – apa qo Bi, gw sayang banget sama lo.

Inget kan kecelakaan 2 tahun lalu, saat orang tua kita pergi. Kita janji untuk saling jaga satu sama lain, tapi gw gak bisa nepatin janji itu saat dokter bilang ada luka di otak gw dan kemungkinan untuk sembuh sangat tipis. Gw gak tau Bi sampe kapan bisa jagain lo, selama ini gw udah coba berobat ke mana aja tapi hasilnya nihil. Dokter bilang luka itu berasal dari pecahan kaca yang tinggal di dalam otak gw dan sangat fatal dampaknya kalau di paksa tuk di keluarin. Mungkin selama ini gw bisa tetep bertahan, tapi akhir – akhir ini rasanya semakin sakit, bahkan terkadang gw gak bisa ngendaliin rasa sakitnya lagi, gw gak mau lo liat gw dalam ke adaan lemah karena gw tau, Ega adalah kekuatan buat seorang Bian begitupun sebaliknya, jadi gw gak mau kalau sampai lo lemah liat gw seperti ini.

Arga adalah orang yang tepat tuk gantiin gw, gw percaya sama dia karena gw kenal dia gak Cuma setahun ataupun dua tahun tapi udah lama, dan w juga tau perasaan lo ke dia itu seperti apa, ninggalin lo sama dia bisa buat gw tenang, walaupun gw berat banget ninggalin lo. Lo harus bisa tanpa gw, dan gw yakin lo pasti bisa, maafin gw yah Bi. Gw Cuma mau lo ngerti, udah cukup air mata lo keluar saat orang tua kita pergi, udah cukup marah lo sama Tuhan dan lo ga boleh menyalahkan takdir, apa yang terjadi emang harus terjadi.

Bian .. makasih .. udah jadi kekuatan buat gw bertahan selama ini, karena lo .. gw gak pernah bosen minum obat walaupun diem – diem, karena lo .. gw gak pernah ngerasain penderitaan seorang yang penyakitan, karena lo .. selalu buat gw tersenyum bahagia.
Gw gak pernah mau berhenti nyiapin sarapan buat lo, ngerjain pr – pr lo, bikin surat juga alesan ke sekolah kalau lo lagi bolos, dan semua hal yang buat lo seneng, tapi keadaan yang buat gw harus berhenti. Maafin gw ..

Di dalam buku harian gw, ada surat tuk Naya, juga ada alamat rumahnya yang sekarang. Gw minta tolong, kasih surat itu ke dia.
Makasih yah Bi ..

Gw masih kangen nih, gw gak tega ninggalin lo sendiri, tapi walaupun gw udah gak ada, gw akan selalu jagain lo.
Jaga diri baik – bak yah !!


Salam sayang teramat dalam tuk adekku tersayang



                                        Arega Putra Suganda


Ka Ega ..
Ka Ega ..
Ini pasti bohong, aku gak percaya dengan semua ini, aku bertanya pada dokter tentang keberadaan ka Ega, tapi dokter bilang kalau ka Ega udah pergi dan di makamkan kemarin. Karena sebelumnya, ka Ega udah pesan pada dokternya, kalau udah tiba saatnya, dia gak mau kalau ada yang tau. Rasanya semua emang udah di siapin dengan benar – benar rapih.

Esoknya, aku dan Arga ke makam ka Ega. Ka Ega di makamkan di dekat makam orang tuaku, entah apa yang aku rasa. Aku mau marah seperti apapun gak ada gunanya, karena aku yakin ka Ega ngelakuin ini tuk aku, agar aku gak sedih, tapi gak seperti ini. Sekarang dia udah gak ada, bener – bener ninggalin aku. Aku coba tuk menahan air mata, tapi aku bukan wonderwomen yang mungkin bisa tahan dengan semua ini, rasanya baru kemarin dia bersamaku, rasanya baru kemarin makan bareng, jalan bareng, sekarang wajah tampan yang selalu terlihat lelah gak akan ada lagi, gak akan ada lagi yang bangunin aku kalau aku kesiangan, ga akan ada lagi yang nemenin aku kalau aku lagi di strap, ga akan ada lagi yang setiap hari ceramahin aku, ga akan ada lagi. Dia udah jadi kakak yang sempurna untukku, semoga lo tenang ka di sana. Walaupun sangat amat berat tapi gw harus ikhlasin lo, harus …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar