Minggu, 22 Februari 2015

ROMANTISME TAUHID

taken picture from https://atmakusumah.files.wordpress.com/2010/05/love-allah.jpg
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Saya lagi suka sekali dengan lagu yang liriknya sengaja saya jadikan sebagai penghantar tulisan ini. Rasanya ceria mendendangkan lagu milik koes plus itu. Ya, kata orang Indonesia tanah surga, saya ulangi, mereka bilang tanah kita, tanah surga. Surga yang saya tahu, adalah tempat yang tak tertandingi keindahannya. Lalu masihkah pantas kita merasa rugi lahir di tanah, yang kata orang, tanah surga ?

Bulan lalu, di minggu terakhir saya berniat untuk menuliskan ilmu yang saya dapat dari sebuah majelis bulanan yang di peruntukkan untuk umum, majelis yang di pelopori oleh ustadz Yusuf Mansur. Namun, saya tak mengeksekusi niat tersebut. Sebulan berlalu, pagi tadi, saya beruntung karena berkesempatan untuk kembali duduk di majelis ilmu tersebut.

Romantisme tauhid.

Ulangi membaca dua kalimat itu secara perlahan, biarkan meresap penuh makna ke dasar hati. Ah, ada getaran yang begitu lembut rasanya. Bagaimana tidak ? Ini tentang cinta yang tak pernah menuntut balasan. Cinta nomor satu. Saya membayangkan, betapa bodohnya saya karena sering tidak sadar bahwa setiap embusan napas yang saya keluarkan ada mata-mata yang memperhatikan saya. Saya selalu diawasi, hal yang kadang terabaikan oleh diri saya. Tapi, bukankah tidak ada sebuah keterlambatan dalam perbaikan ? Dan yang saya yakini, Tuhan saya tidak pernah melarang saya untuk kembali ke jalan-Nya.

Ini indah. Indah dari yang terindah, beromantis dengan Yang Maha romantis. Andai kita selalu sadar kalau Allah selalu mengawasi, apa mungkin kita ingin terlihat buruk di hadapan Dzat yang sangat kita cintai ? Andai kita paham kalau Allah selalu memperhatikan, apa mungkin kita mampu berbuat apa-apa yang di larang oleh-Nya ? Dan andai kita tahu kalau Allah selalu menunggu, apa mungkin kita pantas membiarkannya terus menunggu ?

Ustadz Yusuf selalu mengingatkan, Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. Allah, Allah, dan Allah. Tapi apa ? izinkan saya mengutip cerita yang selamanya tidak dapat saya lupakan. Cerita yang saya sendiri pernah alami, cerita yang sebenarnya bukan sekadar cerita.

Andai, ada dua orang anak manusia yang bekerja pada satu perusahaan. Saat tiba waktu shalat, anak manusia tersebut minta izin keatasannya untuk menunaikan panggilan Allah.

Anak manusia pertama.

Bawahan : “Maaf, pak. Udah masuk waktunya shalat, saya izin sepuluh menit untuk menunaikan panggilan Allah”
Atasan : “Ey, ey, Ente kerja sama siapa ? Siapa yang gaji ? Kerjaan udah selesai ? Seenaknya minta izin buat shalat ! Selesaikan dulu pekerjaan  !”
Bawahan : “Baik pak ! Saya permisi kembali ke ruangan”

Cemen ! Buat Allah mikir-mikir, buat Allah takut sama gertakan. Selamanya, manusia kayak begini bakalan jadi budak. Allah manggil, manggil ente, ente malah nunda-nunda. Itu Allah yang manggil, Allah, bos ! Allah !

Begitu kata ustadz Yusuf, saya pun mengangguk malu ketika mendengarnya, karena hal tersebut sering kali saya alami. Tidak bisa melakukan apa-apa ketika waktu memiliki aturan.

Anak manusia kedua.

Bawahan : “Maaf, pak. Udah masuk waktunya shalat, saya izin sepuluh menit untuk menunaikan panggilan Allah”
Atasan : “Ey, ey, Ente kerja sama siapa ? Siapa yang gaji ? Kerjaan udah selesai ? Seenaknya minta izin buat shalat ! Selesaikan dulu pekerjaan  !”
Bawahan : “Maaf, pak. Saya kerja sama Bapak, tapi karena Allah. Allah yang maha kaya, yang gaji saya, juga gaji bapak. Kalau bapak, memberi jeda kepada saya untuk memenuhi panggilan Allah, dan kalau urusan dunia membuat saya lalai akan perintah Allah, saya siap keluar dari perusahaan ini sekarang juga”

Caaaaaaaakep, bos ! Tjakep ! Yang begini Allah demen, yang begini, tegas bos ! Tegas untuk menegakkan perintah Allah. Kalau ente jadiin Allah nomor satu, apa mungkin Allah bakalan jadiin ente nomor terakhir ? Enggak ! Enggak ! Allah demen sama manusia kayak begini.

Bandingin deh, antara anak manusia pertama sama kedua, mana realita yang sering terjadi ? Lebih banyak mana, manusia pertama ? atau kedua ?

Hari ini, kata-kata yang terekam dalam ingatan saya adalah tentang bagaimana kita berbicara sama Allah. Jangan kaku ! Jangan tegang ! Santai ! Ajak Allah ngobrol dari hati ke hati. Jangan doa begini ‘Ya Allah, saya minta supaya jodohnya didekatin, jangan di persulit ya Allah. Aamiin.’ Kaku banget ! Begini, begini ‘Ya Allah, saya pengin banget punya rumah yang itu tuh, mantep dah kayaknya tinggal di rumah gedong begitu. Izinin napa ya Allah tinggal di dalamnya. Haduuuh, enak bener kayaknya punya rumah begitu. Aamiin.’ Eh, besoknya berubah, boleh enggak di ralat ? Boleh, besoknya doanya begini ‘Ya Allah, enggak jadi deh rumah gedong itu, rumah sebelahnya aja ya Allah. Eh tapi, kalau emang Allah ngizinin rumah yang kemaren, ya, saya enggak akan nolak’ Enggak usah kaku. Ngobrol aja, curahin apa yang ngeganjel di hati. Akrabin Allah.

Kembali ke romantisme tauhid, kalau apa-apanya kita selalu sadar Allah selalu mengawasi. Kan, malu kalau mau berbuat kesalahan. Ya, di depan manusia-manusia aja sebisa mungkin terlihat sempurna, ini di depan Allah, masa enggak mau melakukan yang terbaik. Kalau malam, pulang kemaleman, belum sempet sholat isya, langsung masuk kamar nih, udah celentang melototin gadget, cekikikan sendiri, tapi kemudian sadar ada yang memperhatikan, ya, apa enak tuh, di tungguin dari tadi, pulang-pulang bukan langsung bersih-bersih terus shalat, malah celentang main handphone. Kan terasa, bangun deh, loncat dari kasur, bunuh dengan sadis rasa lelah, ambil wudhu, datengin Allah. Kereeeeeen !

Mau sedekah, mikiiiiiiiiir mau ngasih berapa ya ? Di kantong ada lima ribuan, sepuluh ribuan, dua ribuannya dua, yang lecek sama yang baru. Nah ? Kalau enggak sadar ada yang ngawasin mah, kasih aja yang nominalnya paling kecil, lecek lagi. Tapi beda, beda kalau paham ada yang ngeliatin, malu, malu sama Allah, selalu mau terlihat baik di mata Allah itu TOP. Jangan berlomba-lomba berusaha untuk terlihat baik di mata makhluk, tapi lupa sama penilaian Allah.

Lagi emosi, unek-unek udah ada di kepala, siap buat di keluarin dalam bentuk kata-kata. Tapi tahan, bakalan di tahan kalau kemudian sadar Allah ngeliatin.

Adem ya, hidup seperti itu. Damai rasanya, selalu ada alarm sebagai alat pengingat, menahan untuk kembali berpikir akan tindakan yang di lakukan. Ada Allah. Ada Allah. Dan selalu ada Allah.

Selain romantisme tauhid, di masjid istiqlal tadi, ustadz Yusuf pun mencontohkan sebuah salam yang enggak akan pernah enggak sampai, salam yang di peruntukkan kepada baginda Rasulullah SAW.

Begini perumpamaannya,

Perantara : “Ustadz Yusuf, ada salam”
Ustadz Yusuf : “Dari siapa ?”
Perantara : “Dari Mansur, dia salam buat ustadz, dia juga doain ustadz lho, biar sehat, panjang umurnya, di murahin rezekinya”
Ustadz Yusuf : “Waalaikumsalam, salam balik ya buat Mansur. Saya juga ngedoain, salam dari saya”

Besoknya,
Perantara : “Ustadz Yusuf, ada salam”
Ustadz Yusuf : “Dari siapa ?”
Perantara : “Dari Mansur, dia nitip salam lagi buat ustadz, dia juga doain ustadz lho, biar sehat, panjang umurnya, di murahin rezekinya”
Ustadz Yusuf : “Waalaikumsalam, salam balik lagi ya buat Mansur. Saya juga ngedoain, salam dari saya”

Besok lusanya,
Perantara : “Ustadz Yusuf, ada salam”
Ustadz Yusuf : “Dari siapa ?”
Perantara : “Dari Mansur, dia salam buat ustadz, dia juga doain ustadz lho, biar sehat, panjang umurnya, di murahin rezekinya”
Ustadz Yusuf : “Waalaikumsalam, salam balik ya buat Mansur. Saya juga ngedoain, salam dari saya”

Seminggu kemudian,
Perantara : “Ustadz Yusuf, ada salam”
Ustadz Yusuf : “Dari Mansur ?”
Perantara : “Iya, ustadz, dia nitip salam buat ustadz, dia juga selalu doain ustadz lho .. ..”
Ustadz Yusuf : “Biar sehat, panjang umurnya, di murahin rezekinya”
Perantara : *nyengir* “Ustadz udah hapal”
Ustadz Yusuf : “Salam balik, salam balik buat Mansur”

Setahun kemudian, ada sebuah acara besar, gathering atau hari pertemuan. Disana, ustadz Yusuf ada, dan Mansur pun hadir. Sebelumnya, Ustadz Yusuf enggak pernah bertemu dengan Mansur. Tapi, apa ustadz Yusuf kenal sama Mansur ? Kenal ! Kenal-lah !

Perantara : “Ustadz Yusuf”
Ustad Yusuf : “Ada salam dari Mansur ?”
Perantara : “heheheh .. Ustadz ingat sama Mansur ?”
Ustadz Yusuf : “Pegimane kagak inget, ente tiap hari nyampein salam dia ke ane. Ente tiap hari bilang kalau Mansur doain ane, salam buat ane. Masa ane lupa”
Perantara : “Iya ustadz, tapi sekarang Mansur ada disini, stadz”
Ustadz Yusuf : “Yang bener ?” *kedua mata berbinar* “Mana, mana orangnya, suruh kedepan, ane mau ketemu !”
Perantara : “Baik, ustadz. Saya panggil Mansur dulu”

Lalu, Mansur berdiri di tengah kerumunan orang. Ada jutaan orang disana, tapi ustadz Yusuf kenal dan ingat sama Mansur. Orang yang selalu menitipkan salam dan mendoakannya. Mansur berjalan mendekat ke ustadz Yusuf, di depan, ustadz Yusuf sudah berdiri, bersiap menyambutnya dengan senyum dan pelukkan hangat. Beeeeeuh, mantep !

Begitu, begitu seharusnya kita ke Rasulullah. Walaupun enggak kenal, enggak pernah ketemu, jangan berhenti shalawat kepada Beliau, mendoakannya. Jangan takut ! Ente bakalan di kenal sama Rasul, Rasul enggak akan pernah lupa sama umatnya yang senantiasa bershalawat kepadanya. Belum lagi dapat bonus, dapat bonus dari Allah. Ente shalawat dan doa buat Rasulullah, di balasnya, Rasul, Allah beserta malaikat mendoakan ente. Cakep, enggak tuh ? Keren, bos ! Keren !

Lalu kemudian, di hari akhir nanti, Rasul datang menghampiri kita dengan senyum dan pelukkan hangat. Subhanallah. Indah bener rasanya.

Ya, doa adalah senjatanya orang mukmin. Saya akan selalu mengingat kalimat tersebut.

Dan sebelum sampai di akhir tulisan ini, ustadz Bobi mengatakan kalau orang-orang terdahulu begitu semangat mencari ilmu. Ada yang telinganya putus karena menahan dingin, ada yang buang air kecilnya keluar darah akibat menahan kencing karena menempuh perjalanan panjang untuk sampai di majelis ilmu. Ada juga yang membeli sebuah pulpen dengan harga emas batangan (kalau saya tidak salah ingat) karena takut ketinggalan pelajaran apabila di tunda untuk membeli pulpen, jadi, pada saat majelis ilmu berlangsung, pulpen si fulan tersebut habis, lalu dia membeli pulpen temannya dengan harga yang mahal. Betapa, orang-orang sebelum kita sadar, menuntut ilmu adalah bukan hal sepele. Saya tertegun menyimak kisah-kisah itu, lalu membandingkannya dengan kehidupan saya di masa kini. Bagaimana ilmu, pengetahuan-pengetahuan atau pelajaran-pelajaran dapat di pelajari dengan cara yang mudah, tidak perlu menempuh jarak berkilo-kilometer, ataupun menaruhkan nyawa. Akan tetapi sungguh disayangkan, semangat orang-orang terdahulu ternyata tidak melekat pada orang-orang masa kini.
Semoga ilmu yang saya dapat hari ini menjadi ilmu yang bermanfaat buat saya, serta kalian. Menjadi amal buat para guru yang membaginya dan menjadi berkah untuk kita semua.


FYI : Pengajian bulanan yang membuat saya ketagihan ini, selalu ada di minggu ke empat setiap bulannya, bertempat di masjid Istiqlal pukul 08.00-ba’da dzuhur. Dan dalam pengajian tersebut, yang paling mahal harganya ada di penghujung, yaitu saat semua yang hadir diminta untuk berdoa, mendoakan, dan minta didoakan. Subhanallah, subhanallah, subhanallah. Saya selalu merasa beruntung bila berkesempatan hadir di tengah-tengah manusia pilihan tersebut, duduk di tempat dimana malaikat-malaikat berhamburan untuk mengaminkan semua doa. Bulan depan, bila kalian enggak sibuk, langkahkan kaki untuk sama-sama belajar, memperoleh ilmu, menyambung silaturrahmi dan menjadi manusia beruntung :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar