Senin, 01 April 2013

Gua Kecil Dulu :D


Gua kecil dulu … ?

Ehem. Bener ya kata orang kalau kegiatan paling mengasyikan adalah mengenang masa lalu. Mau masa lalu itu menyenangkan atau pun menyedihkan, mengenang masa lalu itu adalah hal yang menyenangkan. Tapi, inget ! Hanya untuk di kenang, bukan untuk di sesali apalagi meratapinya.
Terkadang apa yang kita ingat itu bisa ngebuat kita senyum – senyum sendiri, ketawa terbahak – bahak atau bahkan nangis tersedu – sedu. Well, masa lalu adalah hal nyata yang pernah kita lewati. Tapi, harus selalu di ingat, kalau ia enggak akan pernah kembali. So, simpan masa lalu itu.
Ngomongin masa lalu, hari minggu kemarin, salah satu temen gue. Si begenk, atau Mutia nama aslinya bikin status BBM, kepengen beli buku generasi 90an. Generasi 90an ? Gue enggak ngerti. Buru – buru gue searching di google terus nemu akun twitternya. Dan gue pun, kembali ke masa itu. Gue kayak kesirep, seolah – olah lagi nonton film bioskop berulang – berulang, tentang masa – masa kecil gue dulu.
Indah.
Iya, satu kata itu yang menggambarkan tentang masa kecil gue. Gue lahir di tahun 90an. Tepatnya, 20 November 1990. Gue masuk SD tahun 1997. Iya, gue tau, gue ketuaan. Dulu, gue paling ogah kalau di suruh masuk sekolah. Maa sampai kewalahan katanya, cuma buat nyuruh gue sekolah sama ngaji. Alhasil, setelah di bujuk – bujuk dan di kasih janji – janji palsu. Gue pun mau masuk sekolah, tapi enggak pake ngaji. Cukup sekolah aja.
Gue sekolah di SDN Pengasinan 3, dulunya, SDN Pengasinan 2. Tapi udah berubah nama jadi pengasinan 3.
SD ituuuh … *gue lagi ketawa*
SD itu kampung banget, bangunannya mau reot kalau ada angin, toiletnya juga masih pompa dan sumpah, bau banget. Dan yang paling buruknya, katanya, di dalam toilet itu ada monster dodolipet sama mister gepeng. Entahlah, hantu jenis apa itu. Tapi yang gue inget, gue enggak pernah berani sendirian kalau ke toilet.
Di zaman gue kecil dulu, setiap kali ujan turun, itu adalah saat – saat terindah. Gue sama temen – temen gue bakalan keluar sambil lari – lari main ujan – ujanan. Dan banjir, adalah bonusnya. Kita bikin perahu dari gedebong (pohon) pisang, kita naekkin rame – rame, tapi ada sebagian juga yang ngedorong. Jalan – jalan sampe sore, main tanah, guling – gulingan, berenang, semua gaya kita keluarkan di sana. Jauh beda sama anak – anak sekarang, yang baru mendung ajah udah pada pilek. Kita kebal. Enggak ujan – ujanan ! Enggak keren ! Gue pernah di kurung sama Maa dan enggak boleh ikut main ujanan, gue diem di depan jendela. Ngeliatin temen – temen gue berseliweran penuh canda tawa. Tapi akhirnya, Maa enggak tega. Gue pun di bebaskan. Gue bahagia.
Kalau di sekolah, enggak ada yang bawa hape. Telepon umum itu yang sering kita pake buat komunikasi. Hape cuma punya orang kaya. Setiap istirahat jajanan yang di cari lidi – lidian, ucus – ucusan, baso – basoan, dan minumnya es orson. Jadi selama gue kecil yang gue makan adalah makanan boong – boongan. Hahhahaa. Bukan lidi beneran, bukan ucus beneran dan bukan baso beneran. Tapi guys, makanan itu sangat enak dan bikin ketagihan. Permainan kita pas di sekolah itu, selodor, benteng, ampar – ampar pisang, karet (loncat), go patung, petak jongkok, petak umpet, sampai tepok nyamuk. Gue yakin, anak – anak zaman sekarang bakalan cengo kalau di tanya tentang permainan tersebut. Tapi, masa itu .. .. yang terindah !
Pulang sekolah, hal yang biasa gue lakuin adalah ini -> Pulang ke rumah, langsung makan, tidur siang atau mungkin nonton tv. Sore baru keluar, maen sama temen – temen di deket rumah. Maen masak – masakkan. Bikin kue dari tanah yang di basahin terus di jemur. Daun yang di iris kecil – kecil. Dan kadang, masak beneran, jagung brondong. Selain itu, gue juga jago maen gambaran. Tepok, qiyu – qiyu, ah .. gue lupa apalagi istilah dalam gambaran itu. Yang jelas ada Bandar dan yang masang, dan yang jelas juga, selalu ada yang nangis kalau kalah. Lucu. Polos dan bener – bener permainan anak – anak. Gue juga sering maen gundu, berbagai macam namanya ada apollo, tik tok, tebak – tebakkan gundu yang di genggam dalam tangan, dan lain sebagainya. Ada juga permainan bungkus rokok, astaga .. kalau inget yang satu ini, gue jadi suka enggak percaya. Dulu, gue sering keliling seharian buat nyari bungkus rokok di tempat sampah. Bungkus rokok itu gue lipet – lipet, dan bungkus rokok itu punya nilai masing – masing.
Maen karet. Ada yang loncat karet, ada juga yang di jentik pake jari.
Maen temprak, kita buat gambar di tanah atau di lapangan, terus dengan bite (pecahan keramik) kita mulai bermain. Dampu, dan masih banyak lagi permainan lainnya.
Enggak ada guys. Waktu itu belum ada facebook apalagi twitter. Game paling mewah itu, tamagoci. Atau tendo, Mario bross. Gimbot. Enggak, game online juga enggak ada. Adanya ding dong. Oooh .. masa – masa itu, selalu mampu membuat bibir gue melengkung untuk tersenyum. Gue bahagia, dan sangat amat bersyukur pernah ada di masa itu.
Setiap maghrib, gue ngaji. Baca iqra, juz amma, lalu Al – Quran. Gue pernah ngaji di dua tempat doang. Yang pertama di mushola Asoigh, assalamualaikum ka Jamal, ka Ihsan, ka Anan, mba Rohina, bang Roni, mba Teny .. apa kabar kalian ? Mereka adalah pengajar – pengajar gue. Yang membantu gue untuk belajar mencintai Tuhan gue.
Gue ngaji di mushola itu kurang lebih dua tahunan. Setelah itu gue pindah ke mushola Baiturrahman. Oh Baiturrahman .. .. aku sangat merindukanmu. Demi apapun, aku sangat merindukan hari – hari yang terjadi di sana. Gue berangkat ngaji dari sebelum maghrib, sholat maghrib berjama’ah lalu memulai ngaji. Teori, semua hal tentang agama. Hafalan dan membaca iqra. Assalammualaikum ust. Abdullah .. ustad yang sangat amat gue takutin. Jantung gue bakalan lonjat – lonjatan kalau baca di depan Beliau. Beliau selalu bawa bambu kecil buat mukul anak yang salah bacanya, mukulnya pelan dan sama sekali enggak sakit. Tapi selalu sukses bikin gue deg – deg kan enggak karuan. Bahkan, gue inget, gue pernah pulang sampe malem gara – gara enggak bisa nyari tajwid. Waktu itu yang boleh pulang, yang nilainya di atas enam dan bodohnya gue, gue selalu stuck di angka enam. Selain ust. Abdullah, ada juga bang Heri, bang Zupri, ka Salam, bang Janur, bang Hendrik, bang Awih, bang Umar, mba Hamidah, mba Suhana, mpo Nur, dan semua yang enggak bisa gue sebutin satu per satu. Kalian the best. Remaja cantik dan ganteng – ganteng. Sampai berjuma lagi di surga nanti. Amin.
Sepulang ngaji, gue pasti nonton tivi. Jin dan jun, atau tuyul dan mbak yul. Jinni oh jinni. Ah, film – film itu selalu gue tunggu tiap harinya. Ada juga misteri sebuah guci, si buta dari gua hantu, si doel anak sekolahan, keluarga cemara, mody hantu sok usil, si manis jembatan ancol, misteri gunung merapi, dendam nyi pelet, wiro sableng, angling darma, kera sakti dan semua film – film keren di masa gue dulu. Enggak ada acara musik – musik, lalayeyeye .. lalayeyeye .. enggak ada guys. Satu – satunya acara musik cuma di MTV di global tv. Dan VJ itu sangat amat keren.
Bulan puasa. Menannya ular tangga, monopoli, karambol, bola bekel, bepe – bepaan (orang – orangan kertas). Sehabis subuh, kita kumpul terus jalan – jalan sambil maen petasan. Menunggu adzan maghrib, kita duduk di depan hidangan yang udah di siapin. Ganti – ganti chanel tivi, nyari yang mana yang udah adzan duluan. Sholat tarawih dengan bekal makanan yang banyak, ngisi buku ramadhan, minta tanda tangan imam dan yang ceramah. Tadarus qur’an. Kalau sahur, minumannya segentong. Negedeketin lebaran, ngumpulin baju lebaran. Keliling kampung sambil berharap uang seribuan yang baru – baru. Ah .. indahnya saat – saat itu.
Oohh .. masa kecil ku. Aku merindukanmu ...

 

1 komentar: