Senin, 23 Desember 2013

Selamat hari ibu, mama .. ..





Nanti, kalo jam istirahat. Terus mba-mba pada telponan sama pacarnya. Kamu telpon mama aja. Gak papa malem-malem juga. Pasti mama angkat.

November 2009.

Waktu itu gue masih kerja di salah satu perusahaan (baca:PT) di daerah cibitung. PT. Sanyo Jaya Components Indonesia di singkat Sanyo Gobel. Akhir Juli 2009 gue mulai nguli. Iya, Ijazah belum keluar, gue udah kerja duluan. Nevermind, Alhamdulillah.

 

Awal November di tahun yang sama, gue di putusin. Padahal guys, ada kisah mengharukan banget di balik asmara gue yang satu ini.


Dulu. Waktu awal gue masuk kerja, dan kena sift malem. Gue sering ngeliat mba-mba yang lagi sibuk dengan kerjaannya pake earphone dan telpon-telponan sama pacarnya. Gue kesian sama diri gue sendiri, gue cuma bisa sms-an atau paling telponan pas istirahat doang. Masalahnya, hape gue waktu itu esia. Esia ngoceh yang ada slide warna-warni. Punya gue slide ijo seharga 220ribu. Iya. Gue enggak bisa telpon-telponan sambil kerja. Dalam hati gue pun berdesis “Pokoknya gajian beli hape baru”.

Pas. Gajian pun tiba, tapi baru di bulan kedua gue beli hape barunya. Di akhir September 2009 gue beli hape Nokia 3510 x-press music. Gue girang, tujuan utama gue biar bisa telponan sama pacar gue kalo masuk malem nanti. Tapi guys, belakangan, doi malah jarang sms gue. Palingan sekali dua kali doang sms, enggak kayak bulan-bulan sebelumnya. Dari gue bangun tidur sampe tidur lagi sms-an sama dia, plus telponan pula. Nah, ini kenapa pas gue udah punya hape baru, doi malah jarang telpon gue ? Berhubung gue cuek dan cenderung enggak mau ambil pusing, gue pun enggak peduli. Eeeh .. doi selingkuh, dan gue diputusin. Enggak. Gue yang terlalu cuek, makanya di selingkuhin dan diputusin. Tapi ya, enggak masalah. *diamdiamnangiskejer*. Ini agak ngenes ya.

Abaikan !

Di saat seperti itulah, nyokap berperan penting dalam hidup gue. Kalimat pembuka tadi di jadikan pesan yang enggak akan pernah bisa gue lupain seumur hidup gue. Sederhana. Tapi penting buat gue, daleeem. Nyokap menggaris bawahi, kalo dirinya akan selalu ada buat gue. Kapanpun. 

Gue anak pertama dari dua bersaudara, adek gue cewek juga. Tapi agak tomboy. Kita berdua sama-sama deket sama nyokap. Tapi gue cenderung lebih manja dan terbuka. Bagi gue, nyokap adalah sahabat terbaik dalam hidup gue. Teman sejati dalam hari-hari gue.

Setahun yang lalu, tepat di tanggal 20 November 2012, hari ulang tahun gue. Nyokap beliin gue kue ulang tahun, dan di makan di rumah. Besoknya, menjelang maghrib ditambah gerimis, gue minta nyokap buat beliin brownies sama kue lapis surabaya buat temen-temen kerja gue. Jujur, nyokap adalah orang dengan kepribadian ‘enggak tegaan’ atau ‘gampang tersentuh’ tapi kadang, nyokap bisa menjadi orang paling ngeselin kalo lagi kemauannya enggak bisa di cegah. Gue udah bilang, “Nanti aja ma, tunggu bibi, biar di antar pake motor. Lagian ujan.” Iya. Gue enggak bisa ngendarain motor. Sepeda aja nyusruk. #Persoalan. Tapi seperti yang gue bilang, nyokap kadang keras kepala. Sore itu juga nyokap jalan kaki ke toko kue yang letaknya lumayan jauh dari tempat tinggal gue. Yaa .. Kayak dari hati gue ke si .. .. ah, gak jadi ah. Pokoknya, yang gue tau, nyokap akan selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.
Nyokap pulang sekitar jam tujuh kurang. Naek ojek katanya.

Dan ini, reaksi gue.

“Ya ampun. Ini brownies mah enggak enak, Ma. Kenapa beli yang kayak gini ? Keras tau .. Belinya dua lagi.” Gue bagaikan si malin berjenis perempuan. Nyokap beli dua kotak brownies dan sekotak lapis surabaya. Browniesnya, brownies yang biasa ada di pasaran, yang rasanya variasi. Keju, meses, kacang sama coco chip. Gue inget tampang nyokap, dengan wajah yang masih basah terkena tetesan rintik gerimis. Dia cuma bilang, “Adanya cuma ini kak, enak kok. Ya, kalo teman-teman kamu enggak doyan, bawa pulang aja lagi.” Katanya, enggak ada nada marah sedikit pun, tapi gue tahu kalo hatinya sakit.

Besoknya, gue bawa dua kotak brownies dan sekotak lapis surabaya tersebut. Jujur, gue enggak doyan sama kue-kue tersebut. Jadi gue pikir, temen-temen gue juga enggak pada doyan. Tapi berhubung gue enggak mau ngecewain nyokap, lagi. Gue pun membawa semua kue tersebut.

Dan ini, ini kata-kata mereka .. ..

“Wah, browniesnya cantik banget. Pasti enak nih rasanya.”
“Ini mahal pasti browniesnya ya ?”
“Eh aku mau dong yang banyak kejunya.”
“Enak banget nih browniesnya.”

Di tengah-tengah ungkapan tersebut, hati kecil gue nangis. Rasanya, saat itu juga, gue pengin pulang, minta maaf dan meluk nyokap gue erat-erat. Ya. Harusnya, gue bisa sedikit lebih mengerti, dan memandang segala sesuatunya lebih luas.

Tapi, pulang kerja, gue langsung minta maaf kok. Dan bilang makasih sama nyokap, bercerita tentang kue yang habis bersih. Ya. Apapun, nyokap selalu lebih tau.

Mama. Itu sebutan yang gue pake untuk memanggilnya.

Pernah, ah, percaya, rugi deh marahan atau diem-dieman sama nyokap. Gue lupa apa permasalahannya, tapi yang jelas, gue lagi ngediemin nyokap. Pulang kerja gue langsung tidur, enggak mau makan. Serius. Gue langsung tidur. Nyokap juga marah sama gue kayaknya, pikir gue waktu itu.

Tik. Tok. Tik. Tok.

Sekitar jam sembilanan gue mendusin (baca:kebangun). Gue pun berteriak “Ma, ada sofel gak ? Banyak nyamuk nih.” Ah, bener kan. Nyokap juga lagi bĂȘte sama gue. Nyokap cuma jawab “Enggak ada.” Udah gitu doang. Gue pun kesal, dan kembali tidur.

Tapi guys, besok paginya pas gue bangun. Gue mendapati aroma-aroma wangi di sekeliling gue. Ya. Wangi sofel. Gue endus-endus (baca:ciumi) kedua tangan gue. Gue pun duduk diam di atas kasur, dan kedua mata gue menangkap sebungkus krim berwarna putih yang nyaris keluar dari tempatnya, ya, itu sofel. Gue ngeliat sofel yang udah kebuka di meja rias yang ada di kamar gue. Mama.

Puasa kemarin, gue masuk malem. Pas istirahat buat sahur. Orang yang setiap hari gue telpon adalah nyokap. Enggak. Gue sama sekali enggak malu kalo harus ngebagunin nyokap. Ya, masalahnya, mau ngebangunin siapa lagi ? #kode.

“Eh Aya, kamu telpon mama kamu ? Gimana sih, orang-orang mah ngebagunin cowoknya. Kamu malah nelpon mama kamu.” Kata mba Azizah (temen kerja gue) sambil nyengir.

Enggak apa-apa. Selama masih ada yang di telpon. *ngiburdiri*

Selamat hari ibu, Mama. Ia adalah sosok sempurna yang ada di dalam hidup gue. Buat gue, hidup dan lahir di tengah kedua orang tua gue adalah kebahagiaan yang enggak ternilai harganya. Kesempatan yang enggak bisa diungkapin dengan kata-kata. Kadang, gue berpikir, apa pantas gue yang seperti ini hidup di tengah mereka. Mereka yang penuh kasih sayang, humoris, tulus, sabar, dan selalu mengajarkan gue bagaimana cara menikmati hidup.

Nyokap bokap gue bukanlah orang yang berpendidikan. Tapi mereka adalah guru terbaik yang gue punya. Nyokap bokap gue bukan orang yang hidup dalam kalangan kelas atas. Tapi mereka adalah harta termahal yang gue punya.  Nyokap bokap gue bukan orang yang menekuni entertainment. Tapi mereka adalah hiburan terampuh yang mengisi hari-hari gue.

Mereka adalah kebahagiaan buat gue.


Selamat hari ibu, mama.

1 komentar:

  1. http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/05/ini-dampak-dan-akibat-sering-kebanyakan.html

    http://marimenujudomino206.blogspot.com/2017/05/amerika-serikat-tawarkan-rp260-miliar.html

    http://detik206.blogspot.com/2017/05/sejarah-kampung-melayu-sejak-batavia.html

    http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/05/wah-gila-seorang-ayah-cabuli-anak.html


    DAFTARKAN SEGERA DIDOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN:)

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683

    BalasHapus