Jumat, 01 November 2013

PERHITUNGAN TUHAN



Ini tentang tuntutan. Tentang ketangguhan. Dan tentang ke-perbudakan.

Senin, 28 Oktober 2013 sekitar jam 3 sore gue berangkat kerja. Gue kerja pabrik, di salah satu perusahaan industri di kawasan EJIP, Cikarang. Sore itu, jadwal jemputan gue jam setengah tiga sore. Tapi, biasanya di awal sift atau hari pertama kerja (baca:hari senin) jemputan sering ngaret. Gue pun memilih berangkat lebih lama. Setelah asar gue baru jalan.

Cuaca sore itu hujan. Awalnya deras, tapi cuma sebentar. Gue pun lega, gue duduk di  halte di temani seorang laki-laki yang sepertinya enggak waras, gue duduk, dia celentang di kolong deretan besi yang dijadiin bangku. Gue mencoba tenang pas suara petir menggelegar. Jegeeeer. Dan. Hujan pun deras kembali. Suara petir saling bersahutan dengan kilapan cahaya berwarna putih terang di langit. Gue ngeri, gue takut, dan gue pasrah.

Mba aya, jemputan udah di tol.

Deg. Kedua mata gue enggan berkedip. Semua suara yang tadi terdengar santer mendadak sepi. Sesaat, gue enggak bisa dengar apa-apa. Gue memasukan kembali hape yang cukup membuat gue tegang. Hujan makin lebat, suara petir enggak henti-hentinya bergeming. Untungnya, gue enggak cuma berduaan doang sama orang enggak waras tadi. Ada dua orang lain yang juga berteduh di halte tersebut. Aneh. Gue ketakutan setengah mampus, itu orang enggak waras malah cekikikan sendiri. Ah, gue geli sebenarnya. Tapi please, ini bukan hal lucu. Gue pun mencoba tenang.


Gue nyebrang. Naek becak. Pulang.
Gue naek angkot. Ke pangkalan k-50 (angkotan umum jurusan Bekasi-Cikarang). Kerja.
Atau .. gue diem aja. Tunggu hujan berhenti.
Apa gue ikutan cekikikan bareng laki-laki setengah baya dengan baju compang-camping ituh.

Semua pendapat itu mengalir dibenak gue. Gue belum bisa mengambil keputusan. Rumah gue masih dekat, alangkah baiknya gue nyebrang, terus naek becak. Pulang.
Tapi .. gue harus kerja. Gue bukan anak sekolahan yang akan memilih option awal tadi. Mendadak jiwa dewasa gue keluar.
Lanjut ! Batin gue.

Gue pun menyetop angkot dan pergi meninggalkan halte, dua orang lain, dan laki-laki enggak waras tersebut. Gue masuk ke dalam angkot dengan keadaan basah kuyup.
Gue coba menghubungi teman gue yang sama –sama ketinggalan jemputan. Tapi nomornya sibuk, dan ternyata dia juga hubungi gue. Ternyata kita punya chemistry #eeh.
“Hallo mba aya”
“Iya Pris, eh .. aku naek angkot ajah.”
“Iya mba, aku juga. Jemputannya udah mau jalan kata mas Sumsang.”
“Iya. Yaudah ketemu di halte Unisma aja ya.”
“Unisma ? Aku naik 45 mba.”
“OOH .. yaudah deh.”

Klik. Telpon gue tutup. Gue turun di lampu merah. Bayar ongkos dua ribu rupiah. Gue nyebrang di tengah hujan deras, sendirian. Iya, sendirian. Enggak ada yang jalan di tengah hujan deras itu. Gue doang. Bayangin, gue doang !

Gue menepi ke pangkalan ojek.
“Bang, ojek.” Kata gue yang udah kayak tikus kecemplung got. Semua orang yang ada di pangkalan tersebut cengok, diam seribu bahasa ngeliat gue. Ini apa-apaan coba ? Gue ngejar waktu, mau kerja. Ini malah di diemin gini.
“Abang ojek.” Ulang gue.
“Eh ini penumpang. Sini-sini neng, neduh dulu. Ujan.”
“Mau kerja ya neng ?”
Bukan saatnya wawancara. Batin gue meluap-luap. Tapi cuma di batin, karena di luarnya gue senyum-senyum enggak jelas sambil bilang “iya.”
“Eh, anterin dah ini neng. Kasian mau kerja.”
Akhirnya, ada seorang tukang ojek yang mau anterin gue. Gue di kasih mantel item, tapi sial, itu lobang kepalanya enggak muat sama kapala gue. Beberapa tukang ojek yang ada disana ngebantu gue buat masuk ke mantel tersebut. Tapi nihil, lobang kepalanya enggak muat.
“Udah  neng, di dudukin ajah.” Kata salah satu abang ojek disana. Gue pun manut, ujung mantel tersebut gue dudukin. Dan bagian depannya gue pake buat nutupin badan gue. Gue bersama abang ojek pun siap menerobos hujan deras dengan kilapan cahaya bersuara nyaring. Tapi .. .. Astaghfirullah .. mantelnya lepas dari dudukan gue. Gue keliatan bagai superman yang lagi naek ojek. Iya, itu mantel berkibar di belakang gue.
Malu ? Enggak kepikiran, perasaan itu enggak muncul dibenak gue. Gue cuma pengin cepat sampai di pangkalan angkotan umum. Terus nyampe di PT, kerja.
Sempet kepikiran pas lagi di atas motor. Mau pulang ajah, terus tidur. Tapi jiwa buruh gue lagi kumat. Gue mau terus lanjut sampai PT. Oh, ini sebuah tuntutan.

Gue sampe di pangkalan k-50. Bayar ojek sepuluh ribu. Gue buru-buru masuk ke dalam angkot yang belum penuh, dengan kondisi basah lebes. Duit di dompet gue tersisa delapan ribu rupiah. Bayar angkot k-50 biasanya tujuh ribu. Cukup lah yaa, batin gue.

Tik. Tok. Tik. Tok.

Setengah jam berlalu, penumpang belum juga mencukupi. Angkotan tersebut enggak akan jalan sebelum penumpangnya penuh. Gue liat di hape udah jam 3.59 pm. Agak cemas, karena gue masuk jam 4.30 pm atau setengah lima sore.
“Delapan ribuan ya. Biar jalan nih.” Kata salah satu penumpang menyarankan. Dan, oke. Semua setuju. Angkot pun jalan sekitar jam empat lewat dikit. Pas banget. Batin gue.
Ingatan gue enggak terlepas dari Tuhan. Gue dzikir sepanjang jalan, gue serahin semuanya sama Allah. Gue yakin kalau Dia akan melindungi gue.

Iya beb, ujan. Deras banget. Kamu lagi apa ?
Ahohohohoo .. ehehehehee ..
Aku enggak tidur. Iya .. iya beb ..
Ohoooohooo .. kamu ketawa aja terus.
Emang disana enggak ujan ?
Iya beb. Iya. Waalaikum salam.
Mba-mba sebelah gue tanpa dosa telpon-telponan sambil cekikikan. Sedangkan gue yang udah kayak tikus got duduk mematung dengan tubuh yang menggigil kedinginan.

Criiit ..

Angkot berhenti di pertigaan, pas keluar tol Cikarang.
“Abis ya abis. Ada demo, jadi sampe sini.”
Mati gue. ini masih jauh dari PT. Dan duit di dompet gue enggak kesisa sepersen pun. Gue gimana ? ngemis gitu ? Pulsa juga sekarat. Oh ya Allah. Gue benar-benar panik.
“Demo ? enggak ada. Saya tadi pagi ikut demo. Demo udah kelar.”
“Udah jalan aja pak.”
“kalo sampe sini doang, kembaliin ongkos kita.”
“Udah jalan aja, mana macet ? Lancar begitu.”
“Jalan pak.” Kalimat terakhir itu suara gue.
Suara-suara itu membuat gue sedikit tenang, seenggaknya nih angkot bakalan lanjut dan gue bisa turun diperempatan kawasan. Dan Alhamdulillah, angkot kembali jalan. Gue pun tersenyum.

Angkot berhenti di perempatan kawasan tepat jam 4.28 pm. Dua menit lagi gue masuk. Gue langsung naik ojek dan bayar di PT setelah gue ngambil duit di atm yang tersedia di PT.
Ah, gue tetap terlambat. Tapi seenggaknya, gue sampai di PT untuk bekerja dengan penuh perjuangan. Dan, hitungan Tuhan enggak pernah salah.

Sebelumnya, di dompet gue ada uang tiga puluh dua ribu rupiah. Tapi tadi siang, nyokap minta buat bayar jahitan lima belas ribu. Dan ternyata, bayar jahitan dua belas ribu, di kembaliin ke gue tiga ribu. biasanya, uang kembalian kayak gitu enggak pernah gue ambil ataupun di masukin ke dompet. Tapi enggak tau kenapa, siang itu, duit tiga ribu itu gue ambil dan gue masukin ke dompet. Dan fine. Gue tau jawabannya. Perhitungan Tuhan enggak pernah salah.

Gue pun kerja dalam kondisi basah kuyup. Ini tentang tuntutan. Dan ini tentang keyakinan.
Selamat hari ‘sumpah pemuda’.

Foto di ambil dari www.cintailahi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar