Jumat, 31 Januari 2014

Pedagang asongan


Gambir, 2000

                Sebut saja pak Domeh, beliau adalah bapak–bapak setengah baya yang masih tangguh. Pak Domeh pedagang asongan di stasiun Gambir. Dia punya anak cewek satu–satunya dan masih sekolah dasar kelas dua. Bu Domeh, isteri pak Domeh hanya seorang buruh cuci yang di gaji bulanan, dan sayangnya majikan Bu Domeh sangat pelit dan tidak bisa di harapkan. Namun bu Domeh tetap bertahan untuk mengais rezeki yang halal.
                Suatu ketika, Imeh anak semata wayang mereka ingin mengikuti ujian dan di haruskan melunasi spp bulanannya dan tunggakkan lainnya sebesar empat puluh lima ribu rupiah. Bu Domeh dan Pak Domeh bingung, mereka sama sekali tidak mempunyai uang simpanan. Sedangkan waktu yang tersisa hanya satu hari.

                “Pak, gimana ini ? senin hari terakhir buat Imeh ngelunasin tunggakkan. Sekarang udah hari sabtu, tinggal besok doang pak. Apa Imeh enggak usah lanjut aja sekolahnya ?” Bu Domeh putus asa.

                “Bapak juga bingung bu, paling Bapak dapat sehari lima belas ribu. Buat makan kita, lima belas ribu juga udah kerja dari gelap.”

                “Terus .. gue harus bilang WOW gitu ?” Apalagi ini ? Enggak. Enggak gitu.

                “Terus ?” Gitu doang tanya bu Domeh.
                Dalam kegalauan kedua orang tersebut, tiba–tiba sang anak datang. Imeh baru pulang ngaji.

                “Assalammualaikum.”

                “Waalaikumsalam.”


                Tiba–tiba saja bu Domeh tertegun melihat anaknya yang baru pulang mengaji. Pikirannya melayang jauh, dan dia berkata pada suaminya.

                “Bapak udah sholat isya ?”

                “Sholat ?”

                “Iya. Sholat.”

                Bu Domeh dan pak Domeh bertatapan kemudian sama–sama mengalihkan tatapannya kepada Imeh yang sedang melipat mukena dan meletakkannya di atas lemari kayu tua yang ada di dalam gubuk kecil yang menjadi tempat tinggal mereka.

                “Kata orang, kalau kita sholatnya sekarang, terus doa, keinginan kita bakalan di kabulin besoknya. Coba kita sholat sekarang !” Ajak bu Domeh yakin. Pasangan suami isteri ini sudah lama lalai menjalankan perintah Tuhannya. Mereka sibuk dengan pekerjaan dunianya.

                “Ibu aja sono. Bapak ngantuk, bapak sholatnya subuh aja.” Pak Domeh menjatuhkan tubuhnya di atas tiker bolong yang ada di gubuk satu petak itu. Dan malam itu pun berlalu tanpa sholat isya. Pasangan suami itu tidak mengerjakan sholat isya.

Besoknya.

                “Pak, sebelum dagang. Kita sholat dulu yuk !” ajak bu Domeh sambil memberikan sarung lusuh untuk di gunakan pak Domeh sholat. Pak Domeh sedikit tertegun dengan ajakan isterinya, lalu melirik sekilas Imeh yang masih tertidur.

Hatinya pun terketuk.

Dua rakaat selesai pasangan suami isteri itu kerjakan.

                “Kalau kita doa-nya di waktu subuh, dzuhur pasti terkabul pak.” Yakin bu Domeh. Pak Domeh pun mengangguk yakin. Empat puluh lima ribu, yakinnya di dalam hati.

                Laki–laki itu pun pergi sambil menggendong setumpuk dagangannya.

Di sinilah guys, kita akan lihat sampai dimana keyakinan seorang hamba terhadap Tuhannya.

                Pak Domeh berdagang asongan di stasiun Gambir. Penghasilan terbesar dalam hidupnya selama menjadi pedagang asongan adalah tiga puluh ribu rupiah. Jarum jam sudah berada di angka sepuluh pagi. Dagangan pak Domeh belum ada yang terjual satu biji pun. Dia pun bingung.

“Biasanya jam segini dagangan gua udah ada yang laku. Kata si Emak, kalo kita doa di waktu subuh bakalan terkabul di waktu dzuhur, gua tunggu ampe dzuhur deh.” Katanya pada diri sendiri.

Tik. Tik. Tok. Tok.

Dua jam berlalu, suara adzan dzuhur berkumandang. Pak Domeh clingak–clinguk ke sekelilingnya. Siapa tau ada yang mau beli dagangannya. Tapi guys, enggak ada. Iya. Dagangan pak Domeh masih belum ada yang beli. Ada sedikit rasa kecewa dalam hatinya, tapi ia coba menepisnya.

                “Kalau gua doa di waktu subuh, bakalan terkabul di waktu dzuhur. Berarti, kalau gua doa di waktu dzuhur, bakalan terkabul di waktu ashar. Oke. Gua sholat lagi.” Pikirnya.

Ketika mendengar iqamah di dalam mushola yang ada di stasiun itu, pak Domeh pun ikut sholat berjama’ah dan berada di shaf paling depan.

Empat rakaat selesai di kerjaan. Pak Domeh berdoa, meminta kepada Sang Pemberi.

Ya Allah, tolong beri saya uang empat puluh lima ribu buat bayar tunggakkan sekolah Imeh. Aamiin.” Itu doang yang dia minta, guys.

Tok. Tok. Tik. Tik.

Tiga jam lebih berlalu. Masih sama, belum ada satu dagangan pak Domeh pun yang laku. Rasa kecewa benar–benar jelas di hati pak Domeh. Bahkan ia ragu pada doa-nya. Begitu mendengar adzan ashar berkumandang ia diam sejenak.

“Biasanya, jam segini gua udah dapat duit sepuluh ribuan. Se-engaknya, dagangan gua udah ada yang laku. Lah, ini kenapa pas gua sholat, sampe jam segini, dagangan gua enggak ada yang laku satu pun.” Pak Domeh berpikir keras, kata hati dan logikanya bertarung pelik. Mengapa ? Apa ? dan Bagaimana ? Mengapa ? dan mengapa ? Dengan hati yang sudah ragu, dia tetap mengerjakan sholat ashar. Kali ini, dia ada di barisan shaf nomor dua. Tidak se-antusias waktu dzhur tadi. Dan dia pun kembali berdoa.

Ya Allah, kalau emang empat puluh lima ribu kegedean. Saya turunin deh, jadi dua puluh ribu. Dua puluh ribu aja ya Allah. Aamiin.” Dengan polos dan ada rasa ragu kalau doa-nya akan terkabul, tapi ia tetap berdoa.

Pak Domeh kembali berdagang. Menjajakan dagangannya ke setiap orang yang berseliweran di stasiun. Beneran guys, dari segitu banyaknya orang yang ada di stasiun, enggak ada satu pun yang ngebeli dagangan pak Domeh. Dan kali ini, ia benar–benar ragu. Putus asa. Enggak yakin. Pesimis.

Dan saat adzan maghrib berkumandang. Pak Domeh diam.

“Gua enggak mau sholat ah, kalau gua enggak sholat gua dapat duit. Kenapa pas gua sholat terus gua doa, gua malah enggak dapat duit.” Pikirnya. Ia masih duduk di sisi peron kereta api. Dan saat itu adzan maghrib masih berkumandang.

“Tapi ..” penasaran hatinya. Ia pun bangkit dari duduknya, melangkah menuju mushola. Ketika iqamah di kumandangkan, hatinya kembali berkata “Enggak ah, gua enggak mau sholat !” Dia ngambek, guys. Ngambek sama Allah.

Allah hu akbar.


Imam pun memulai sholat. Pak Domeh masih bediri di ambang pintu mushola. Menimbang–nimbang pikirannya. Sholat. Enggak. Sholat. Enggak.

Dan sampai pada ketika imam sujud yang pertama, pak Domeh memantapkan hatinya untuk mengerjakan sholat (lagi). Ia pun mengambil air wudhu dan ikut bergabung di shaf paling belakang. Menjadi makmum masbuk, makmum yang ketinggalan rakaat.

Saat imam selesai, dan semua orang sudah keluar mushola. Pak Domeh yang ketinggalan satu rakaat, kembali berdoa,
Ya Allah, kalau emang empat puluh lima ribu terlalu berat bagi-Mu, dan dua puluh ribu pun enggak mau Kau berikan. Saya turunin lagi, minimal satuuuuuuu permen aja yang laku terjual. Aamiin.

Dan disini, guys ! Disini ! Allah mulai memainkan peranan-Nya.

                Pak Domeh menghentikan gerakkan langkahnya pas dia baru aja mau keluar mushola, ketika seorang pemuda memanggilnya.

“Bapak maaf, saya mau beli permen.” Kata pemuda yang sejak tadi menunggu pak Domeh dan duduk di sudut mushola.
“Permen ? Lho, kok mas tau kalau saya jualan permen.” Pak Domeh bingung.
“Tadi saya juga ikut sholat berjama’ah. Dan saat mau keluar, saya liat ada kotak asongan. Dan yang ada di dalam cuma bapak, jadi saya yakin kalau itu dagangan bapak.” Jelas pemuda itu dengan ucapan yang sopan. Pak Domeh ngangguk–ngangguk.

Jangan- jangan, doa gua terkabul. Yakinnya dalam hati. Tapi, gua bilang kan cuma satu permen. Jangan–jangan ... katanya lagi di dalam hati.

“Bapak ..”
Suara pemuda itu membuyarkan semua pikiran pak Domeh.
                “Oh maaf, mas mau beli apa tadi ?”
                “Permen asem manis ada pak ?.”
                “Ada. Mau beli berapa ?”
                “Satu biji aja.”

                Jleb.

Pak Domeh tertegun. Ya Allah, beneran satu doang ini ? Bener–bener dah Allah mah .. gumamnya dalam hati.

“Beneran satu aja mas ?” Tegas pak Domeh.
“Iya. Satu biji saja pak.”
“Sebentar ya, saya ambil dulu.”

Pak Domeh pun permisi keluar untuk mengambil permen yang di beli pemuda tadi. Satu biji permen asem manis.

                “Ini mas permennya.”
                “Berapa Pak ?”
                “Seratus rupiah.”
                “Ini uangnya.”
                “Wah si Mas, bercanda ini. Masa beli permen satu biji bayarnya seratus ribuan. Saya enggak ada  kembaliannya.” Pak Domeh benar–benar enggak curiga sama sekali, kalau saat ini, Allah lagi memainkan peran-Nya melalui pemuda itu.
                “Ini uang bapak pegang, saya beli satu permen. Seratus rupiah. Dan kembalinya, sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus rupiah buat bapak. Assalammualaikum.” Pemuda itu pergi meninggalkan pak Domeh seorang diri.

Tubuhnya terasa beku. Seperti tersiram air keras, bahkan kedua bibirnya pun tidak bisa bergerak sedikit pun. Hanya air mata yang mengalir deras di kedua pipi yang mulai keriput itu. Dan perlahan, kucuran keringat dingin membasahi seluruh tubuhnya. Hatinya berdesir lembut, jantungnya berdetak kencang. Seperti ini kah cara Allah mengabulkan doa hamba-Nya ? saat keraguan besar mulai muncul dan ketika sampai pada ujung permasalahan, sampai pada batas waktu yang sepertinya tidak mungkin lagi bisa di harapkan.

Pak Domeh hanya meminta uang empat puluh lima ribu rupiah. Tapi Allah memberinya sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus rupiah. Saat kita tidak pernah meminta apa–apa, Tuhan tetap memberikan sesuatu kepada kita. Dan saat kita meminta, Tuhan akan memberinya lebih. Itu hukum kehidupan yang gue pelajari dan yakinin.

                Cerita ini benar–benar bikin gue tersentuh guys, bahwa keyakinan terasa begitu berat ketika semua usaha dan doa udah kita lakuin. Tapi mereka yang enggak akan pernah berhenti buat percaya, maka mereka yang akan mendapatkannya. Cerita ini, gua kutip dari kajian Ust. Yusuf Mansur di acara Wisata Hati. Gue simak baik–baik, sampai pada akhirnya bisa gue ceritakan kembali sama kalian semua. Mungkin enggak sama persis kayak cerita Beliau, ya maklum, cerita ini di potong menjadi beberapa episode. Dan gue berusaha mengingatnya dengan baik.


Gue berharap, cerita ini bisa bermanfaat buat kalian yang mau membacanya.


Don’t stop believing !!

(4)-Dia (Zakaria) berkata : “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdo’a kepada-Mu, ya Tuhanku. (5) Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalku, padahal isteriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu. (6) yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga Yakub, dan jadikanlah dia, ya Tuhanku, seorang yang di ridhai. (7) Allah berfirman, “Wahai Zakaria ! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama itu sebelumnya. (8) Dia (Zakaria) berkata, “ Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal istriku seorang yang mandul dan aku sesungguhnya sudah mencapai usia yang sangat tua ?”. (9) (Allah) berfirman, “Demikianlah. Hal itu mudah bagi-Ku, sungguh engkau Aku ciptakan sebelum itu, padahal (pada waktu itu) engkau belum terwujud sama sekali.
Q.S. Maryam (4-9)

1 komentar:

  1. Subhanallah...bener sekali pren. Hidup emang berat, tapi itu tinggal darimana kita melihatnya. Selama kita yakin, Allah tidak pernah tidur. Dan pren (gpp saya manggil kamu pren?) ada baiknya kalau umat Islam di kita membuat Baitul Mal. Seperti jaman Nabi SAW dulu. Paling enggak tiap kota-lah. Sehingga uang yang terkumpul dari Baitul Mal ini bisa disalurkan pada yang berhak. Bahkan kalo perlu bisa menjadi semacam 'bank' juga, dimana setiap orang (pemuda) dimudahkan untuk mendapatkan dana dari sana untuk usaha. Ini akan menjadi suatu hal untuk mengurangi pengangguran dan atau tindakan kejahatan. Bagaimana menurut kamu pren?

    BalasHapus