Kamis, 12 September 2013

CIKARANG-CAWANG-BEKASI-JOGJA


Ini bukan cerita destination gue yang keren. Ya. Bukan sebuah perjalanan yang patut untuk dibanggakan. Absurd. Ini adalah kisah kesasaran gue untuk kesekian kalinya.

Akhir Juni lalu, tepatnya hari rabu 26 Juni 2013. Gue berniat untuk eksis di salah satu café di daerah Cikarang. deBangoorcoffe nama tempatnya. Letaknya ada di gemah lapik (Cikarang ), keluar pintu tol cikarang, sederet dengan Boutique hotel.

Setiap rabu malem, atau malem kamis jam setengah delapan sampai menjelang tengah malem, café ini ngadain acara openmic. Iya, stand up comedy gitu. Betul. Gue pengin coba tampil, ya, gue gemes aja kalo ngeliat orang-orang openmic gitu, bawaannya pengin coba tampil. Dan dengan kepercayaan diri yang udah di atur bener-bener, gue pun niat eksis di sana malem itu, bareng anak-anak @standupcikarang.


Gue kerja di salah satu pabrik di Cikarang, jadi, pulang kerja gue enggak langsung balik ke rumah. Gue udah bawa baju salinan dan gue juga baru gajian, jadi lumayanlah buat jajan di café. Mba Deti dan Tini yang nemenin gue ke café tersebut. Pulang kerja, kita bertiga mampir ke kontrakan mba Yani, salah satu temen kerja gue. Gue balik kerja jam setengah lima sore, jadi gue numpang makan, mandi, dan sekalian sholat maghrib.

Selesai. Kita bertiga udah ganti baju, yang tadinya kusam karena abis kerja, jadi kece ala anak café.
Setengah delapan tepat, kita sampai di deBangoorcoffe.

Masuk. Duduk. Lempar-lemparan siapa yang mesen. Maklum, kita bertiga belum pernah nongkrong di café macem gini. Biasa-lah, biasa nguli. #Persoalan.

Setelah mesen dua cappuccino dan satu strawberryblind, kita pun duduk pura-pura santai. Satu per satu pengunjung mulai berdatangan, dari yang isinya cuma kita bertiga plus beberapa bartender dan ada dua pengungjung lainnya, selang beberapa menit kemudian, café dua lantai itu udah padat. Anak-anak @standupcikarang udah pada kumpul, dan .. .. ada kru tv local yang bakalan ngeliput openmic malem itu. BadarTv, salah satu tv local di daerah Cikarang.

Sebelumnya, gue emang udah niat mau coba tampil. Enggak ragu, gue pun daftar lantaran salah satu mas-mas yang notabennya ketua dari standupcikarang, nawarin gue buat tampil. Ya, dia emang nanya, “ada yang mau coba openmic enggak ?” dengan lantang, mba Deti dan Tini nunjuk gue. Gue pun mau-enggak mau, harus mau. Setelah nama+akun twitter gue di tulis di sebuah kertas, gue pun bersiap untuk maju.

Tapi. Apa-apaan ini ?

Mas Ari, nama ketua openmic tersebut nyuruh gue maju pertama. Opening, guys .. jelas gue nolak ! Gue baru pertama kali datang dan harus jadi opening yang  gue enggak tau gimana jalannya ini acara. Gue pun mundur.

“Ayo dong mba, buat opening.” Kata mas Ari
“Hah ? Opening mas ? Enggak deh ..” gue nolak
“Jangan opening-lah mas, dia kan baru mau nyoba. Biar ngeliat dulu.” Mba Deti ngertiin gue.

Akhirnya, acara pun di mulai sekitar setengah Sembilan malam.
Kamera on, penonton mulai bersorak. Kebanyakan cowok-cowok kece ala kampus, iya, mahasiswa gitu. Padat banget. Dan, openmic kali ini, bertema ‘Ramadhan’. Gue makin bingung mau bahas apa nanti, hampir semua comicus yang tampil udah menghapal teks sebelumnya. Dan gue ?

Sebenernya, itu bukan hal sulit buat gue yang emang kesehariannya ‘konyol’. Tapi hal tersulit saat itu adalah, banyak cowok-cowok kece yang nonton. Mendadak gue krisis kepedean. Rasa percaya diri gue lenyap. Jantung gue berdebar kenceng kayak pengen keluar dari tempatnya pas MC bilang gini “Wah, malem ini spesial banget nih. Bakalan ada dua comicus wanita. Hemm .. di tunggu ya.”

Iya. Satu dari dua wanita tersebut adalah gue. satunya lagi, Icha, doi sih emang tergabung jadi anggota di standupcikarang. Gue ? Ah, gue berasa kepengen boker. Asli. Entah udah berapa kali gue kentut disana.
MC pun duduk di depan gue ketika salah satu comicus lagi tampil.

“Husst, mas, mas ..” panggil gue, si MC nengok.
“Aku enggak jadi maju ah, ituh, yang namanya @ayanurhayani di coret ya.”
“Lah, kenapa mba ? Enggak apa-apa kali di coba.”
“Aduh mas, belum siap ini. Beneran deh asli, coret ya.”
“Yaah mba, keluarin ajah apa yang ada di benak mba. Apaan kek ..” MC-nya masih terus meyakinkan gue kalau gue bisa.
Tapi tetep .. gue ngerasa ‘insting wanita’ gue lagi datang. Gue malu.
“Enggak mas. Lain kali ajah.”

Dengan berat hati, dia pun mencoret nama gue. Dan semua harapan gue lenyap malem itu. Iya, gue enggak jadi maju. Gue cuma bisa bilang “Maaf ya mba Deti, Tini, udah ngecewain kalian.” Kenapa ? Karena dua orang tersebut, bela-belain datang ke café itu buat liat gue openmic. Tapi syukurlah mereka mengerti.

Gue berpikir, gue ke café, enggak jadi openmic, cukup nonton, selesai, pulang, tidur.

Tapi apah ?

Gue nyasaaar !!

Jam sebelas malem gue keluar dari deBangoorcoffe. Mba Deti di jemput sama cowoknya, Tini naik angkot, ya, mereka berdua tinggal di daerah Cikarang. Dan gue di Bekasi. Gue di temenin mba Deti dan cowoknya buat nunggu angkot K-50 atau K-45 jurusan Cikarang-Bekasi. Gue hopeless, lima belas menit udah gue nunggu depan jalan tapi enggak ada yang lewat, dan ..

“Eh mba, itu angkot 50 ya ?” kata gue ketika melihat angkot merah nge-tem di seberang jalan.
“Oh iya tuh, kayaknya terakhir deh. Ayo aku anter nyebrang !”
Gue pun di antar nyebrang sama mba Deti.
“Ayo terakhir ini, terakhir.” Seorang laki-laki setengah baya bersorak-sorak ketika melihat gue datang. “Iya nih 50, aku pulang ya mba. Makasih lho.” Kata gue sambil berpamitan. Mba Deti pun kembali nyebrang dan pulang bareng cowoknya.

Gue ?

Gue masuk ke dalam angkot, duduk diem, udah lega akhirnya dapet angkot. Di dalem angkot itu rusuh, kayaknya hampir semua penumpangnya sudah saling kenal. Mungkin mereka yang pulang jam segini setiap harinya, pikir gue.

“Eh pak, kemaren di oper ke Barat. Ah kalo hari ini ke Barat lagi, mending saya turun aja deh.” Kata ibu-ibu yang duduk dengan setumpuk barang bawaannya.
“Iya bu, masa kemaren kita di tembak 15ribu, enggak mau saya mah.” Bapak-bapak yang duduk disebelahnya menanggapi.

Barat ? oh, berarti ini emang keluar tol timur. Hah ? 15ribu ? mahal amat. Hanya itu yang terlintas dalam benak gue. Penumpang dalam angkot itu enggak penuh, berhubung jam semakin malam, angkot itu pun berjalan. Dan bayar ongkos 10ribu rupiah.
10ribu ? Oh, angkot terakhir jadi di mahalin toh. Kata gue dalem hati.

Sepanjang perjalanan gue asik main BB, twitteran sambil BBM-an. Sebenernya agak aneh, ini kok udah hampir satu jam, belum juga sampai tol timur, ooh .. tadi agak macet deh kayaknya. Gue mencoba tenang. Batre BB gue pun low, gue mencoba memejamkan mata, tapi serius, gue enggak ngantuk sedikit pun. Pas keluar tol grandwis, gue telpon nyokap.

“Halo Maa, ini udah mau sampe. Bapak udah tidur belum ? Jemput dong di tol.”

Ah sayang, bokap gue udah tidur dan gue disuruh naik ojek sama nyokap. Okelah, lagian udah jam dua belas lewat, kasian bokap.

Tapi bentar ! Ini kenapa enggak sampe-sampe ya ? gue mulai panik, tol Cibitung udah lewat, grandwisata juga udah, tapi kenapa belum sampe ? oooh .. mungkin dialihin ke tol barat kali ya .. ya, ya .. gue kembali tenang.

Gue ngeluarin duit dua ribu rupiah buat bayar angkot dari tol Barat sampai depan jalan besar ke rumah gue. Darisana gue mau naik ojek dan bayar di rumah. Di dompet gue ada duit lima ratus ribu dan semuanya gocapan. Jadi, gue niat mau minta bayarin aja sama nyokap di rumah nanti. Sipp.

Mobil merah berukuran mini bus tersebut pun berhenti. Ah, bener kan, ini di kolong jembatan Giant. Tol Barat. Desis gue dalam hati, gue siap-siap mau naik angkot k-25. Turun dengan kece, dan .. .. ya Allah, ini dimana ??

Bukan. Ini bukan tol Barat. Ini bukan giant. Bukan. Terus ?? ini dimana ??

Gue panik, dan gue menyesal, kenapa gue enggak tanya dari awal, itu angkot jurusan mana, tapi tunggu dulu, bukannya itu angkot 50 jurusan Cikarang-Bekasi timur. Tapi ? Ini dimana ?

Seketika, gue inget pesan nyokap dan beberapa orang-orang terdekat gue.

“Ingat. Kalo kamu nyasar, jangan pernah masang tampang bego. Pura-pura tau ajah, jangan sampe keliatan kalo kamu nyasar.”

Oke. Oke. Gue pun mencoba tenang. Gue merasa jadi upil yang nyangkut di idung orang. Iya. Asing. Beberapa penumpang yang naik angkot bareng gue bertebaran. Mereka nyebrang, gue ikut nyebrang. Dan, akhirnya gue bertanya sama salah satu mba-mba yang nagangkot bareng gue tadi “Mba ini dimana ya ?” Tanya gue polos.

“Cawang.”

Nyesss.

Ngedengar kata ‘Cawang’ sekeliling gue terasa berhenti. Cawang ? Astaga. Kenapa gue bisa nyasar begini di tengah malam begini. Ya Allah ..
Oke Aya. Tenang ! Jangan panik !
Gue mensugesti diri gue sendiri.

Dan. Enggak pikir panjang, gue stop taksi ‘express’ yang melintas tepat di depan gue.

“Tol Barat ya, bang”
Karena panik, gue langsung aja duduk di depan. Ah entahlah, gue udah enggak peduli lagi.
Begitu buka pintu dan duduk di sebelah sopir, dalam hati gue berdesis “Aku berlindung kepada-Mu ya Allah” dan saat itu jug ague mulai tenang.
Tapi random, sepanjang perjalanan pikiran gue liar. Tuh sopir minum, gue mikir ‘nanti kalo gue dikasih minum gimana ? terus .. gue di bius ?’
Ah, enggak, enggak ! Enggak mungkin, Aya !
Tuh sopir makan permen, gue kembali berpikir ‘Nah, jangan-jangan obat biusnya di dalem permen. Gue .. di bius, di perkosa, di buang ke comberan. Dan ya ampun, ini sopir beruntung banget, ka nada duit 500ribu dalam tas gue’
Konyol ! pikiran macam apah ituh.
Tapi ya, gue pun kembali tenang dan menelpon nyokap.
“Ma, tau enggak ? sekarang Nung lagi dimana ?” kata gue dengan bangga.
“di Cawang !”
“Iya, Nung nyasar .. hahahaa”

Kalo inget hal itu, gue ngerasa hina. Manusia macam apah gue, nyasar malah bangga. Bikin orang panik malah ketawa-tawa. Ya .. mungkin saat itu, gue lagi khilaf. Gue sampai di rumah jam satu malem.

Tapi asli. Dalam setiap kesialan, selalu ada keindahan.

Karena besoknya, gue ke Jogja. Dari sekian lama, akhirnya nyokap ngizinin gue pergi bareng bibi gue, sampai di terminal gue ketemuan sama Ama, temen SMA gue yang nge-kos di sana. Iya, gue berpisah sama bibi gue di terminal giwangan, Jogjakarta. Dan selanjutnya, petualangan di mulai.
Sip. :)))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar