Kamis, 05 September 2013

GAGAL TRAVELER


GAGAL TRAVELER

Pecah.

Satu kata itu mewakili semua yang gue rasain. Pecah harapan gue, berlibur sambil menghibur diri. Pecah harapan gue, ngelepas penat yang ada di benak gue. pecah harapan gue, jalan-jalan kecil di sisi pantai. Pecah. Pecah. Pecah.

Hari ini, sabtu 31 Agustus 2013. Gue gagal traveler, lagi.
Ya. Sebenernya emang udah gagal dari sebelum-sebelumnya, niat gue, hari ini gue berangkat ke sawarna dan menikmati maha karya Tuhan yang ada di sana.
Tapi. Seminggu sebelum rencana perjalanan yang gue yakin bakalan indah akhirnya, semua udah jelas bakalan gagal.

Pertama, ke Sawarna itu akses jalannya susah. Dan gue pengin punya cerita lain dengan cara sampe sono ngecer. Kebelaguan ! Dan, betul, saran yang gue terima dari orang-orang yang beruntung pernah kesana, mereka bilang “Jangan naik angkot, kedalemnya jauh !” gue pun ciut.
Ke sawarna ngecer biar kece.

Kedua. Setelah mendapatkan beberapa pendapat tersebut, gue langsung hubungin beberapa temen gue yang sekiranya bisa buat nemenin gue ke sana. Bukan gue doang, tapi sama dua temen gue lainnya, temen yang sudi gue ajak ke niat busuk gue. Dengan iming-iming refreshing. Desi dan Putri.

Tapi jleb,

Aya, hari sabtu jadi kan ? Gue udah ambil cuti nih, jangan sampe cuti gue terbuang sia-sia.

Pesan singkat itu mendarat dengan sempurna di inbox gue. Pesan dengan pengirim bernama Desi. Ah, gue merasa berdosa karena udah ngebuat dia ambil cuti. Otak gue pun berpikir keras, ditambah dengan ke-gagalan Putri untuk ikut hadir dalam perjalanan kami nanti. Putri baru inget kalo dia ada undangan ke acara pernikahan kakak teman dekatnya di kampus, dan gue .. .. harus menyelesaikan kebusukan niat gue itu sendiri. Tanggung jawab atas hari cuti yang di ambil Desi dari hari kerjanya. Gue enggak mungkin dengan sadis bilang “Des, enggak jadi ya. Gue enggak tau Sawarna. Tadinya mau sama temen-temen SD gue, tapi males ah. Enggak usah jadi aja ya.” Sempet gue ketik kata-kata tersebut, tapi gue enggak sampai hati buat mengirimnya. Ya, coba gue ada diposisi dia. Dia yang suster, susah buat liburan, dan sekalinya dapat cuti karena ajakan busuk gue, dan dengan sekali bbm, gue menghancurkan bayang-bayang pesona alam dibenak dia. Itu enggak mungkin gue lakukan.

Dan ini ketikan yang gue kirim ke dia.
Gue mencoba ‘enggak’ bikin dia kecewa. Setelah gue mantap untuk ngajak di ke pulau kelor, gue pun udah agak tenang. Urusan gimana nantinya, gue serahin ke Tuhan. Sorenya dia BBM lagi.
Ya. Gue berharap kalo dia mau gue ajak shopping. Intinya jalan deh ya, mau kemana kek, intinya gue jalan sama dia. Gue tanggung jawab. Itu doang yang ada di benak gue. Tapi dia malah jawab begini.
Hah’ Des, andai lo tau kalau gue mumet sama ulah gue sendiri. Dan lo, kenapa langsung ngambil cuti ? oke. Oke. Ini bukan salah lo, ini salah gue, seratus persen salah gue. Sip.
Karena mulai ragu dengan keputusan gue. Keputusan gue yang ngajak dia ke pulau. Dia pun kepengin ikut trip yang beneran ajah. Tapi sayang, trip yang ada di tanggal itu, buat ke Bromo sama Krakatau. Dan itu udah close, udah tinggal berangkat. Ditambah lagi perjalanan yang cukup jauh, sedangkan gue dan dia senin udah masuk kerja. Jumat malem gue masih kerja dan balik jam satu malem. Ya. Gue nestapa.
Bbm kali ini makin bikin gue ngerasa bersalah, si Desi mau ngajak adeknya. Ya Allah, tolong Baim :(
Kalau gue nyasar, ituh hal biasa. Tapi kalo gue nyasar bawa-bawa anak orang .. ya, ya, itu pun hal yang sering terjadi. Tapi kalo yang ikut gue anak kecil, gue kok enggak tega yah. Adeknya Desi masih terbilang kecil, anak cewek SMP kelas 1.
Sebelum terlambat dan belajar dari kesasar-sasaran gue sebelumnya, gue pun nanya dulu ke temen gue yang lebih tau. Ya. Walaupun hal ini sering gue lakuin dan tetap berakhir dengan kekonyolan dalam perjalanan gue, tapi se-enggaknya, gue punya pegangan informasi, biarpun secuil. Kak Edung ini rumahnya di tangerang, jadi gue pikir tau-lah dia kendaraan Bekasi-Muara angke.
Tapi ternyata, ah .. oke. Oke. Jangan panik, Aya. Pasti ada jalan.

Dan hari ini, sabtu 31 Agustus 2013. Perjalanan itu di mulai.
Tetot. Gue pulang kerja jam satu malem, dan tidur jam tiga pagi. Gara-gara abis ngerjain ini.
Segulung surat dengan tiga lembar kertas yang berisi masalah asmara gue yang akhir-akhir ini susah buat gue pecahin. Gue bukan tipe orang yang gampang bercerita ke orang lain, selain Tuhan, Maa dan Putri, gue susah bercerita ke orang lain. Dan masalah kali ini, gue cuma cerita ke Allah, tapi ngerasa butuh temen juga, dengan yakin gue pun cerita ke Putri. Tapi masih belum puas, gue pun menuliskannya di lembaran kertas, menggulungnya dan berniat meninggalkannya di pulau kelor nanti. Eits, gue enggak mau nyampah kok, enggak gue kanyutin di laut kayak yang di tipi-tipi itu, tapi emang mau gue masukin ke dalam botol dan gue tempelin di benteng Martello. Keren ! Bukan keren, Konyol yang ada ! Dan gulungan kertas tersebut pun gue bawa pulang kembali.

Lo pikir deh, gue balik kerja jam satu malem dan tidur jam tiga pagi. Pasti. Gue kesiangan ! Gue janjian sama Desi di stasiun Bekasi jam enam pagi on the way dari rumah, dan gue baru bangun 06.27 am. Gue kaget, dengan kedua bola mata yang nyaris keluar, gue ngeliat jam di handpone gue. Astaghfirullah *tepokbokong* *tepokjidat*. Iya gue bablas, untungnya gue lagi enggak sholat, jadi subuh gue enggak terlewatkan sia-sia dengan kemoloran gue itu.

Cuy, lu udah berangkat ?
Ping !

Desi. Aduh .. gue pun jujur dan bilang kalo gue baru bangun. Gue buru-buru mandi asal basah, ganti baju, dan .. .. sarapan. Yoa. Sarapan itu jadwal makan yang paling penting dari semua jam makan.
Masukin dua roti ke tas yang dapet dari PT semalem, ngebungkus keripik buat cemilan, kacamata, note sama pulpen (bendawajibpenulis). Dan terakhir, gulungan kertas di atas. Sip, semua beres. 07.19 am, Desi bbm dan bilang kalo dia udah di stasiun. Sedangkan gue, masih ngaca depan air cermin. Gue coba menghibur dia dengan menyuruhnya sarapan, dan .. .. dia udah makan. Oke. Setengah delapan pagi gue otw, gue ngangkot, enggak ada yang anter. Adek gue sekolah, dan gue enggak bisa mengendarai motor. Itu-lah istimewanya gue. #Eeh. Gue di anter Paa sampai jalan besar, dan naik angkot sendirian. Jam delapan tepat gue sampai di stasiun Bekasi. Disana, Desi dan adeknya udah berkarat menunggu gue.

Dan perjalanan pun di mulai.
Kita bertiga naik kereta commuterline jurusan Bekasi-Manggarai, dari stasiun Manggarai, kita lanjut naik kereta jurusan Manggarai-Duri. Nah, dari Duri, kita naik kereta yang lewat stasiun Grogol. Tapi ternyata, stasiun Grogol itu enggak ada. Gue sama Desi clingak-clinguk di dalem kereta pas kereta berhenti di stasiun Pesing, ah, daerah macam apah ituh. Pesing ?

Abaikan !

Dan setelah nanya sama ibu-ibu yang juga penumpang kereta tersebut, kita bertiga turun di stasiun Pesing. Jalan pelan-pelan kayak orang bener.
Deg.
“Ada yang mau di tanyain, dek ?”
Petugas kereta nyamperin kita bertiga dengan kalimat seperti itu. Sesaat gue ngerasa, kalau di jidat gue tertulis, GUE POLOS.
Ya. Mungkin muka gue, Desi dan adeknya keliatan bego, dan kebaca sama petugas tersebut.
“Iya pak, ini dimana yah ?”
Tolol. Asli, kenapa gue mesti melontarkan pertanyaan kayak gitu. Jelas-jelas ada plang gede yang bertuliskan PESING. Petugas itu pun ngejawab, “Ini di stasiun Pesing. Adek-adek mau kemana ?”
“Kita mau ke Grogol, Pak.” Kata gue. Cocok, gue emang harus masuk rumah sakit jiwa mungkin. Ah, ini masih pagi Aya, lo udah konyol ajah. Kata hati kecil gue.
“Oh, mau ke Grogol. Adek keluar stasiun ini, ambil kiri. Jalan raya, enggak usah nyebrang, langsung aja naik angkot yang ada. Semua angkot lewat Grogol, kok.”
“Saya liat di rute ada stasiun Grogol, kok enggak lewat yak, Pak ?”
“Bukan enggak lewat dek, tapi enggak berhenti. Soalnya stasiun Grogol belum jadi.”
“Oh gituh.” Gue sama Desi manggut-manggut.
Setelah mengucapkan terima kasih, gue, Desi dan adeknya pun berlalu. Keluar dari stasiun Pesing.
Di luar.
“Des, lu mau kencing enggak ?”
“Mau, Ya.”
“Tapi enggak ada toilet.”
“Toilet, neng ? ini ada di dalem. Lewat samping sini !” Percakapan kita terdengar oleh ibu-ibu pedagang dan tukang ojek di depan stasiun tersebut. Gue, Desi dan adeknya pun kembali masuk ke stasiun lewat samping.
Deg.
“Mau kemana, dek ?” Petugas kereta yang ngejaga di pintu mauk, nyapa kita tegas. Gue gemetaran, asli, suaranya lantang banget.
“Toilet, Pak.”
“Oh, iya, iya. Di sebelah situ.” Katanya sambil senyum.
Huuuuuh. Gue lega.
Keluar dari toilet dan meninggalkan stasiun Pesing. Desi bertanya sama gue, “Ya, umur lo berapa ?” dan kita bertatapan sambil tertawa ngakak. Menertawakan kepolosan kita yang enggak sesuai umur. Kita udah kepala dua lebih, dan masih begini-begini ajah. Oh meeeeeeeeen. Gue merasa nista. Ini bego, apa polos ??

Abaikan !

Kita naik mikrolet 45 jurusan Grogol, turun di terminal Grogol. Nyambung angkot B 01, jurusan Grogol-M. Angke. Asli, bokong gue panas. Tapi oke. Oke. Pulau kelor udah terbayang di benak gue, benteng Martello, desiran ombak di tepi pantai dan suara angin laut yang menyejukkan. Sabar Aya !!
Sampai di Muara Angke,  kita bingung !
Begini pesan sang sopir “Dari sini ke pelabuhan deket, neng. Neng jalan aja, ambil kiri ikutin jalan !”
Gue sama Desi, senyum-senyum najis. Berjalan dengan semangat empat lima.
Tapi, kalo Tuhan mempertemukan gue kembali dengan sopir angkot tersebut, gue pengin nanya “Deket menurut ukuran abang itu semana ? Jakarta-Papua ?”
Dari terminal ke pelabuhan itu jauh banget. Pantes, selama gue jalan kaki, banyak banget orang yang ngeliatin ke arah gue. Dan Desi bilang, “Ya, mungkin mereka berpikir kalo kita enggak punya ongkos buat naik angkot”. Bisa jadi. Bisa jadi.
Semua memandang aneh ke arah kita bertiga.

Gue berhenti di sebuah warung buat beli air minum. Dan, ini jarang gue temuin. Sebotol air mineral bermerk Aqua di jual dengan harga dua ribu rupiah. Gue sampai mengulang-ulang pertanyaan “Berapa pak harganya ?” untuk memastikan kalo harga air tersebut hanya dua ribu rupiah. Tapi ternyata benar. Apa jangan-jangan, air yang ada di dalam botol ini, air dari laut ? Enggak mungkin. Enggak mungkin. Stop Aya ! Stop !
Kita bertiga melanjutkan perjalanan, jalan kaki menuju pelabuhan. Tapi ini kok enggak nyampe-nyampe yah, udah jauh gini ? batin gue. Dan Desi pun ngerasain hal yang sama. Sampe pada akhirnya, beberapa orang bapak-bapak yang sedang mengepack ikan-ikan yang akan dikirim ke Lampung menyapa kita.
“Mau kemana, neng ayu ?” *ini tanpa rekayasa. mereka manggil kita 'neng ayu'*
“Pelabuhan, Pak ?”
“Ini dari TransTv apa Trans7, neng ?”
“Hah ?”
“Atuh ke pelabuhan mah jauh neng, mesti naek kendaraan modern. Motor yang ada ranjangnya. Mari-mari, liat ikan dulu sini.”
Kita bertiga nurut, saking capeknya. Dan di tempat itu, gue ngeliat bejibun ikan asin yang sedang di kemas dan akan dikirim ke Lampung. Kacau. Pas gue ngeluarin camdig buat ngambil gambar ikan-ikan tersebut, para bapak-bapak itu heboh.
“Neng poto atuh neng, ini bapak lagi nge-pack.”
“Eh, ini neng-neng dari tipi. Mari atuh, video-in kita.”
“Enggak di wawancara, neng ayu ?”
“Ikan ini neng, mau di kirim ke Lampung.”
“Woy .. Jang. Kamari ! Ini mau masuk tipi.”
“Entar poto sama neng ayu juga yak.”

Gue … Gue pengin teriak ! Gue bingung ngejelasin kalo gue itu cuma pengunjung yang enggak tau apa-apa.
Dan .. .. piso mana piso ? Bunuh gue !
Syukurlah. Enggak sampe berlumut gue disana. Kendaraan modern tersebut datang. Kita bertiga naik kendaraan modern itu setelah pamit dan mengucapkan terima kasih.
Benar ! Pelabuhan masih cukup jauh, padahal kita udah setengah jalan.

Kenyataan macam apah inih ?

Sampe di pelabuhan. Enggak ada kapal yang menuju pulau Kelor.
Bacok aja deh gue !!!
Pulau Tidung, Pari, Harapan, Pramuka, Untung jawa yang tertera di papan loket pelabuhan tersebut. Dan semua harus nginep. Enggak ada yang pulang-pergi.
Gue dan Desi .. bacok-bacokkan !
Jadi, selain pulau-pulau yang tertera tersebut. Itu adalah pulau riset dan enggak boleh di kunjungi begitu ajah. Katanya sih begitu ?
Tapi 5 bulan lalu ? Gue abis dari sana, pulau Kelor, cipir, onrust, rambut dan untung jawa. Iya. Gue emang ikut trip. Dan iya, empat pulau selain pulau untung jawa emang enggak begitu rame. Apalagi pulau kelor, enggak sama sekali berpenghuni. Rasanya, detik itu juga, gue cuma butuh Hafiz Darmawan, Andie Nv, atau Widitya J.P, buat ngejelasin ke gue, kalo pulau-pulau tersebut enggak bisa di kunjungi begitu saja. Gue hopeless,  tapi okay. Aya Nurhayani, selalu bisa nutupin kekecewaannya dengan senyum yang najis.
“Terus kita mau kemana, Ya ?”
“Hemm .. kemana yah ?”
“Ke Ancol ajah gimana ?”
“Ancol ? Enggak mau, ah. Eh waktu itu, lo ke kelor darimana ?”
“Gue .. dari muara kamal.”
“Yaudah, ke muara kamal ajah yuk, Ya.”
“Hah ? Muara Kamal ? sekarang udah siang. Takutnya pas nyampe sana, kecewa lagi. Asli, gue enggak ngira bakalan kayak gini.”
“Lo waktu itu ..” pertanyaan Desi menggantung.
“Gue ikut trip Afis, dan muara kamal ituh jauh banget dari sini. Serius !”
“Tanya kek sama temen lu ituh ?”
“Siapa ?”
“Yang lo ikut trip ?”
Gue diem. Temen ? oke, mungkin kita udah berteman. Gue BBM Andi, lupa, dia lagi ke Krakatau. Dan BBM-pun ceklis. Gue pura-pura tenang.
“Mending sekarang kita pergi aja dari sini.”
Desi dan adeknya setuju. Asli. Gue ngerasa semakin berdosa. Bukan. Desi sih udah pernah masuk dalam kekonyolan gue, tapi si Tiwi, gadis manis ituh ? kasiaaaaan. Sepanjang perjalanan, gue enggak berhenti-berhenti hibur dia. Dan sepanjang perjalanan pula, dia enggak ngerasa BT. Bentar-bentar senyum-senyum ngeliat tingkah tengil gue. Semoga ajah pas pulang nanti dia enggak ngadu ke Emak-Bapaknya, bahwa dia abis bertemu makhluk ‘aneh’ kayak gue.

Kita pun balik.

Tolong ! Tolong ! Puterin lagu berhenti berharap-nya So7 !

Dan, di dalam kendaraan modern. Gue ketemu mas-mas kece badei. Manis banget. Anak UIN, doi abis dari Pari. Asik banget tuh orang, pas dia nanya, kita mau kemana, dan gue jawab mau ke kelor.
“Kelor ? Ngaaaaaaaaapain ?”
Iya juga sih. Di pulau itu enggak ada apa-apa. Tapi jujur, gue selalu kangen sama pulau tersebut. Mungkin, itu bawaan naluri gue yang emang sejatinya suka kesunyian. Enggak begitu suka tempat-tempat rame. Gue ngerasa damai ajah ada di pulau tersebut. Gue bisa ngerasain, beruntung banget gue ada di kehidupan ini, menikmati maha karya Tuhan yang luar biasa. Batu-batu yang tersusun rapi di sisi pantainya, batu-batu tanpa campur tangan manusia. Dan angin yang mampu membuat gue merasa begitu tenang dengan suaranya yang saling menyapa. Gue punya cara sendiri untuk menikmati maha karya Tuhan tersebut.

Dan Finally. Gue, Desi dan adeknya. Naik angkot ke kota. Kota tua. Makan mie ayam, beli otak-otak goreng. Dan ke stasiun Beos, turun di stasiun Jatinegara. Belanja !
Pulau kelor, lima bulan lalu.

Dan pulau ‘jatinegara’ 31 Agustus 2013
Sepasang sepatu selop berwarna hitam.
Helm dengan motif hellokitty.
Amplop satu pack.
Sebungkus otak-otak goreng yang gue beli di kota.
Itu semua yang gue bawa pulang. Gue beli sepatu, simple, gue emang lagi nyari sepatu dari minggu kemaren. Dan pas, gue dapet yang cocok.
Gue beli helm, enggak sedikit pun terlintas dalam benak gue buat beli benda satu itu. Tapi gue inget, gue yang enggak bisa ngendarain motor sering banget minta anterin kesana-sini sama temen. Dan temen-temen gue sering bilang ke gue, ‘bawa helm, Ya’. Dan saat itu juga, gue kepengin beli helm. Tapi gue enggak nyangka, kegagalan traveler gue-lah moment yang tepat buat beli benda tersebut.
Amplop. Ini yang konyol ! Desi enggak berhenti-henti ngakak kalo liat apa yang gue beli. “Ayaaaaaa” lalu dia tertawa sejadi-jadinya. Gue juga bingung sama diri gue sendiri, kenapa gue beli amplop ? Ah, ini gara-gara gue kebanyakan kondangan. Sering susah nyari amplop.
Otak-otak, itu-mah panggilan perut !

Tapi di balik semua itu. Gue dapet ini !
Sebuah pelajaran sederhana, kalau Tuhan enggak akan pernah menyia-nyiakan hamba-Nya yang berusaha. Mungkin terlihat biasa, pedagang-pedagang yang menggelar dagangannya di trotoar jalan. Ada cincin dengan batu giok klasik, mainan anak-anak dari plastik, kaos kaki, sarung tangan, topi, masih banyak lagi yang lainnya. Dan dagangan tersebut enggak cuma di jual oleh satu penjual saja di tempat tersebut, tapi ratusan atau entahlah berapa banyak jumlahnya. Tapi yang pasti, Tuhan enggak pernah salah untuk membagikan rezeki kepada hamba-Nya. Intinya, selama kita berusaha, pasti akan ada hasil yang kita dapatkan. Apapun itu.

Begitu juga dengan pengalaman gue kali ini. Dengan gue keluar rumah dari pagi, dan kegagalan traveler gue kali ini, gue medapatkan banyak kisah yang mungkin enggak akan pernah terlupakan dalam hidup gue, Desi maupun adeknya.

Terima kasih Tuhan, terima kasih hari ini, terima kasih pengalaman, terima kasih dunia.

Dan .. Desi, Tiwi. Jangan kapok jalan bareng gue. *kecup*

Desi, “Kapan kita jalan lagi yaa ?”
Gue .. loncat dari fly over !!

5 komentar:

  1. kocak gan,,, awalnya saya ke kelor juga gitu,, tapi saya riset dulu,, lsg sampai tujuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa .. konyol, kalau di ingat. aku juga riset, tapi .. ya tetap ajaaaah .. ahahhahahahaha

      terima kasih ya, di sempatkan berhenti sejenak di 'goresanaya' :))

      Hapus
  2. aya ini kenal sama hafiz darmawan? anak uhamka juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan anak uhamka. kenal hafiz karena pernah ikut trip-nya ajah :)

      Hapus
  3. Gw udh 3x kesawarna dan emg rutenya cukup dibilang extrem.dan skrg aja temen ada yg ngajakin lagi tgl 15 bulan ini kesawarna again,gak ada bosenya entah gw yg katro atau emg tempat itu udh bikin gw jatuh cinta..klo mau join mari gabung

    BalasHapus