Rabu, 19 Februari 2014

PELOPOR TIGA 2003



Yts,                                                                                                                 
Pelopor, tiga 2003

Jangan pada ketawa lo, enggak tau kenapa, gue ngebiarin jari-jari gue ngetik tulisan ini buat kalian. Mungkin, efek lagi nganggur kali ya, jadi apa aja melintas. Dan, gue lagi kangen sama kebiasaan kita. Hah’ bukan sama elo, elo pada. Tapi sama kebiasaan yang pernah kita lewatin. Beuuuh, jadi dramatis.

Inget gak, waktu pertama kali kita merapat, menggabungkan pengurus dua kelas yang terpisah. Siapa aja ya, yang nampakin mukanya waktu itu ? Iya, di rumah Ima, basecamp kita dulu. Yang gue inget sih, Kolay masih pake motor bebek item ceper, yang kalo ada polisi ngorok, harus di angkat. Dan, Ipul, masih doyan jalan kaki. Panjul juga ada, gak berubah. Ada Ade hilman juga. Aang, sama Rukin. Ah, gue enggak begitu inget. Tapi gue inget, kalo gue sama Ratna hadir disana. Tentu juga Ima. Kita masih malu-malu, belum malu-maluin kayak sekarang. Ngomong juga masih di atur, takut nyinggung. Enggak kayak sekarang.


Ya. Itu awal perencanaan reuni yang di gabungkan. Enggak ada lagi kelas ‘A’, kelasnya bu Rini ataupun kelas ‘B’, kelasnya bu Tuti. Yang ada Tiga 2003.

Makasih Ipul, udah nyiptain nama dan grup itu.

Waktu itu, kita masih SMP ya, reuni awal dengan peserta dua kelas. Motor juga masih susah, inget gak, sering pada naek motor bertiga ? Dan, inget enggak ? waktu reuni awal itu, sekitar tahun 2006, yang di SD itu .. yang semangka ilang. Iya, yang foto masih pake kodak dan kodak itu enggak jalan. Rollnya enggak muter, yang gue di omelin Panjul gara-gara ngasih kamera rusak. Usut punya usut, akhirnya kita tau, kenapa Panjul marahin gue, karena dia malu .. udah mintain duit ke anak-anak buat nyuci film yang ada di dalam kodak tersebut. Astaga Panjul. Hahahaha

Selesai acara reuni malam itu, kita merayakannya di depan rumah Ratna. Di atas bale di bawah pohon rambutan. Bakar ayam.

Di iringi cerita horror Panjul yang entah benar, entah bohong, gue, Tanti, Ratna sama Rosita takzim mendengarkan. Yang lainnya sibuk bakar ayam. Yang entah ayam darimana. Bakar-bakar itu selesai jam satu malam. Acara reuni itu pun sukses, buat ukuran anak-anak tanggung seumuran kita dulu.

Dan, pertemuan kita berlanjut. Selalu ngumpul seminggu sekali. Dan, ehem .. Kolay sama Ratna jadian. Oke. Oke. Ini privasi, gue juga enggak tau banyak. Jadi, di skip aja ya ..

Tahun berikutnya, acara itu menjadi rutin. Ya, emang enggak pas banget abis reuni awal itu. Ada tenggat waktunya, sekitar tiga sampai lima tahunan. Karena kita baru menggelar acara reuni lagi, di tahun 2010. Acara buka bersama.

Eh, bentar, inget gak, pertama kali kita ke kotu ? Ya ampuuun .. itu norak banget. Gue inget kata-kata Kolay “Jauh-jauh dari Bekasi, makan ketoprak doang”. Terus kita foto-foto deh kayak orang ‘bener’. Dan koplaknya, ada Bading disana, yang heboh pas naek kereta. Bentar-bentar tereak. Ah, kereta buat Bading sekarang mah, transportasi yang enggak asing lagi. Enggak kayak dulu. Balik dari kotu, merapat ke tempat gue sampe malem. Konyolnya, nyokap gue kan masih dagang tuh waktu itu, terus gue nanya ke lo semua, mau pada makan mie enggak ? Ipul, Kolay sama Ratna mau. Tapi Bading enggak. Dia minta teh aja, katanya. Dan, pas mau pada pulang. Bading bilang gini “Lah, itu mie enggak pada bayar ?”. Badiiiiiiing … 

Bading yang motoin.
Oke. Lupakan ! Ada cerita di acara buka puasa tahun 2011. Acara itu di rumah Ipul. Acara yang .. gue bahas yaaa .. dikit, aja. Kalo ada pihak-pihak yang tersinggung, ya .. gue minta maap. Panitia pasti paham.

Ya. Ini salah gue. Gue yang salah. Ini soal tempat. Inget dong ? Acara tahun itu, mau kita adain di luar, enggak di rumah siapa-siapa. Di D’cost, di mall gitu. Tapi ujung-ujungnya di rumah Ipul lagi. Lo semua, kita, enggak ada yang teraweh. Ngumpul di tempat gue sampe malem, situasi panas. Ada beberapa pihak yang enggak setuju dengan peralihan tempat. Waktu itu, Adit sama Aang gabung. Gue baru lihat tampang Adit marah-marah lagi, yaa .. dulu gue pernah di marahin Adit zaman SMA. Gue di marahin Adit gara-gara enggak ngerti-ngerti di ajarin matematika. Waktu itu menjelang UN, gue, Ratna, sama Sadiah belajar bareng Aang dan Adit. Mereka berdua kan jagonya. Otaknya encer bener. Kembali ke acara tahun 2011. Acara itu di ambang kehancuran, ‘naluri penulis’ keluar, pake bahasa berat. Tapi ini bukan yang terberat, ada lagi. Omong kosong dengan beberapa pihak yang enggak setuju, penyelesaiannya, panitia ambil jalan votting. Dan suara terbanyak setuju dengan peralihan tempat. Well, acara pun berlangsung dengan baik. Acara buka bersama di rumah Ipul. Enggak ada keributan, emang, beberapa orang yang enggak terima dan kecewa enggak dateng. Tapi, mereka maklum kok. Dan besoknya, enggak ada lagi masalah.

Adit, Aang, inget enggak ? Kita belanja buat acara itu ke pasar Rawa lumbu. Ya, kita berempat. Gue sama Adit, Ratna sama Aang. Dan, astaga Aang .. pas kita lagi mampir di toko kelontongan, beli gelas dan kebutuhan lainnya, Aang lupa sesuatu. Begini katanya, ngomong ke gue, Ratna sama Adit .. “Perasaan ada yang lupa, apaan ya ?” Aang bingung, sedangkan kita bertiga enggak inget apa-apa, terus aja jalan ke parkiran. Tiba-tiba Aang berhenti, “Astaghfirullah .. belanjaan !”. Ya, setenteng belanjaan yang isinya buah-buahan buat bikin es buah yang di bawa Aang ketinggalan di toko kelontongan. Kita semua pun ketawa, sambil balik lagi ke toko kelontongan tersebut.

Satu lagi. Septiani. Hahahahaaa …

Masih sama Adit, Aang dan Ratna. Inget enggak ?

Siang itu, jelang beberapa jam lagi acara berlangsung. Gue telpon Septiani, mau nagih uang iuran. Tapi Septiani salah tanggep, dia malah siap-siap udah pake baju kerja dan malah ikut kita. Alhasil, gue, Adit dan Septiani naik motor bertiga ke rumah Ratna.
Well, acara buka bersama di tahun itu pun berlangsung dengan baik.

Acara buka bareng tahun 2011
2012. Ini yang terberat, selisih paham, keraguan, keegoisan. Gue. Gue lagi yang salah. Di minggu pertama puasa tahun itu, kita ngadain pertemuan pertama. Gue inget banget siapa aja yang ada, Ratna, Panjul, Kolay, dan beberapa teman SMA gue. Di sebutin kali ya, Desi, Putri, Eky, Fanny. Ya, rencana awal yang gue niatin adalah buka puasa gabungan, antara temen-temen SD gue, sama temen-temen SMA gue, dan mengundang anak yatim piyatu. Fine, rapat awal selesai. Semua bilang oke, tinggal bikin proposal untuk ngumpulin dana. Undangan pun, tinggal di print.

Hari berikutnya, undangan udah di print sama Kolay dan Panjul. Bahkan mereka berdua udah berhasil dapetin tanda tangan kepala sekolah. Beres.

Tapi gue merusak semuanya. Tanpa alesan yang jelas, gue mundur jadi panitia. Dan pecundangnya, gue ngumpet di balik nyokap gue. Iya, gue jadiin alesan, kalo enggak di izinin sama nyokap. Itu kebohongan terbesar yang pernah gue lakuin ke mereka. Panjul sama Kolay marah besar. Gue ngerti kenapa mereka marah. Gue paham. Tapi waktu itu, tingkat keegoan gue lagi tinggi, gue parno, gue takut acara itu enggak bakalan terlaksana. Pertama, temen-temen SMA gue enggak bakalan banyak yang dateng, paling bisa di itung jari. Kedua, ada anak-anak yatim di acara itu, gue ngeri kalau harus mengecewakan mereka kalau ujung-ujungnya acara itu enggak sesuai rencana. Dan benar kata Putri ‘Lo tuh plin plan’. Gue pun menghindar. Rencana itu nyaris gagal. Seminggu berlalu sia-sia.

Tapi, di pertemuan selanjutnya, Lendra bilang gini “Lo, kenapa si ? Masa mau mundur. Kita pasti bisa, gue yakin. Ayolah. Mana lo yang dulu ..”.

Lupakan keegoisan itu. Kalo lo yakin akan sesuatu, selalu ada jalan sekecil apapun kemungkinan itu.

Ya. Gue pun sadar. Gue punya ‘mereka’, salah kalau gue enggak percaya sama ‘mereka’. Salah besar. Karena ‘mereka’, keegoisan itu luntur.

Amazing. Jalannya lancar banget, acara itu pun sukses, membuat senyum di wajah-wajah lelah kita.

Tanti, yang pulang ngantor langsung rapat, excited dalam kerepotan acara sederhana tersebut. Percekcokan kecil di tengah malem, di rumah Ipul. Gara-gara sembako yang berbeda. Lagi-lagi gue.

Lo semua emang luar biasa.

Acara buka bareng tahun 2012
Dan, kata Panjul “Semua ada jalannya .. serahkan kepada Allah” kali ini gue percaya sama dia.

Nyaris setengah hari, dari pagi. Kita belanja, di pasar bekasi. Nawar berbagai macam buah, sampe lo semua .. oke, enggak gue sebutin. Nongkrong di warung kopi, ya ngopi-lah. Di bulan ramadhan. Ya, Allah, ampunilah dosa-dosa teman-temanku, juga dosa-dosa ku. Aamiin.

Ini tentang Edy goler. Inget enggak ?

Kita di dalem mobil Kolay, heboh menyebut nama itu. Hahahaaa .. semua ada jalannya, serahin aja kepada Allah.

Di dalam mobil Kolay, ketemu Edi goler
Huh’. Untuk acara rutin di tahun 2013, gue enggak banyak cerita. Gue pasif. Kesibukkan gue padet banget. Undangan buka puasa juga banyak, jadi gue cuma sesekali ikut rapat. Tapi lihat, acara itu tetap sukses kok. Karena kalian hebat.

 
buka bersama tahun 2013

Gue sayang sama kalian semua. Itu aja yang mau gue bilang. Tujuh belas tahun berlalu. Semoga ‘kita’ tetap ada.

sebelum Ipul beli camera


Terima kasih.


1 komentar: